Skip to content

Temulawak, Umbi Penyembuh Lever

Maret 3, 2009

Bagi masyarakat di pulau Jawa, nama temulawak pasti tidak asing lagi. Di daerah Jawa Tengah, tanaman bernama Latin Curcuma xanthorhiza Roxb ini dikenal sebagai minuman eksotik dengan cita rasa khas. Dengan mencampurkan tanaman bersama gula dan kunyit, lalu diseduh dengan air panas akan menghasilkan sebuah rasa tersendiri.
Masyarakat Jawa Tengah biasanya memberikan ramuan ini kepada anak-anak yang susah makan, sebab disinyalir ramuan temulawak dapat meningkatkan nafsu makan. Bahkan dipercaya juga sebagai jamu yang memperlambat proses penuaan, menghilangkan flek hitam di wajah serta menjaga kelenturan tubuh. Perempuan sehabis melahirkan disarankan meminumnya, begitu menurut kepercayaan masyarakat Jawa.
Temulawak adalah tumbuhan asli Indonesia tetapi penyebarannya hanya terbatas di Jawa, Maluku, dan Kalimantan. Mereka merupakan tumbuhan semak tak berbatang. Mulai dari pangkalnya sudah memunculkan tangkai daun yang panjang berdiri tegak. Tinggi tanaman antara 2 sampai 2,5 meter. Daunnya bundar panjang, mirip daun pisang. Pelepah daunnya saling menutupi membentuk batang.
Tumbuhan yang patinya mudah dicerna ini dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 750 meter di atas permukaan laut. Dapat dipanen setelah berusia 8-12 bulan, daunnya telah menguning dan kelihatan hampir mati.
Umbi akan muncul dari pangkal batang, warnanya kuning tua atau coklat muda, panjangnya sampai 15 sentimeter dan bergaris tengah 6 sentimeter. Baunya harum dan rasanya pahit agak pedas
Secara klinis, khasiat tumbuhan asli Indonesia ini bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang memang membangkitkan selera makan, membersihkan perut dan memperlancar ASI.
Lebih dari itu, menurut seorang guru besar Universitas Padjajaran (UNPAD), berdasar hasil penelitian, ekstrak temulawak sangat manjur untuk pengobatan penyakit hati . Di samping itu, juga sudah terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sel hati. Semua khasiat itu adalah berkat adanya kandungan kurkumin, yakni zat yang berguna untuk menjaga dan menyehatkan hati atau lever atau istilah medisnya hepatoprotektor. Tidak heran, sebab komposisi kimia dari rimpang temulawak adalah protein pati sebesar 29-30 persen, kurkumin satu sampai dua persen dan minyak atsirinya antara 6 hingga 10 persen.

Resep pengobatan
Penggunaan temulawak pada prinsipnya sama dengan kunyit maupun kencur, yaitu diparut dan diambil airnya. Sedikit ada beberapa penambahan komponen untuk penyakit tertentu. Pada gangguan ginjal untuk satu rimpang temulawak, ditambahkan segenggam daun kumis kucing dan segenggam daun meniran dengan empat gelas air, direbus sampai tinggal setengahnya. Diminum tiga kali sehari. Untuk menambah nafsu makan bisa dicampur juga dengan rimpang lengkuas. Sedang untuk memperbaiki rasa bisa ditambah gula aren, asem atau jeruk nipis sesuai selera.
Kalau kita sudah tahu manfaat dari minuman eksotis ini, lalu untuk apa bingung-bingung mencari obat suplemen yang mahal?

>ke halaman Depan

About these ads
23 Komentar leave one →
  1. Amd-YK permalink
    Maret 6, 2009 11:09 pm

    setuju banget temulawak ampuh tuk basmi penyakit lever/hepatitis, temen gue dah buktiin!! asal minumnya rutin

  2. kaldera Michelle permalink
    Maret 30, 2009 3:09 pm

    o ya ya? katanya siy gitu, tanyain dong sama temenmu, gimana bikinnya? apa dikasih madu dsb, soale rasanya kan pahit-pahit gimanaaaaa gitu, mending minum kunyit asem deh hehe

  3. Juni 6, 2009 1:38 pm

    Wah baru tau, taunya klu pas beli jamu. Cuma kunir asem dan Beras Kencur aja :)

  4. Pipik permalink
    Agustus 23, 2009 9:38 am

    iy ne,q mw coba coz suamiq kna pnyakit lever,,tp ko dy nun jauh d mato,,ad extract ny g yo??please info ny yaaa

    • titin Dahlan permalink
      September 17, 2010 10:17 pm

      aku jual ekstrak temulawak dari dr Liza herbal satu botol harganya 50 rb (45 butir) kalau berminat hubung alamat e-mailku saja yach…. tqu

    • Maret 20, 2011 1:31 pm

      saya punya original 50 ml. 200.000 minyak/ekstrak temulawak

  5. retno permalink
    Desember 31, 2009 7:48 am

    emang betul.. aq sdh buktiin waktu anakku kena lever. cepat sekali pulihnya…

    • yolanda permalink
      Desember 2, 2011 3:15 pm

      Emang cara mengolah temulawak nya gmn? Kalo aku sambil ma obat dari dr bahaya gak yach?

  6. widi dardiyanti permalink
    Januari 6, 2010 9:29 am

    Emang bener bisa memperlambat proses penuaan? bisa awet muda dong. Ada efek sampingnya ngak?

  7. Kheynie Hae permalink
    April 10, 2010 1:25 pm

    Klo u/ sirosis hati cara minumnya gmna??

  8. adhy comel permalink
    Mei 1, 2010 8:07 pm

    saya setahun yg lalu kena liver/ hepatitis A (3 Bulan ga kerja). trus pernah kambuh gr2 (slama 1 week) kecapean kerja… sekarang jg lg kambuh n yg terlama (1 bulan krn ga minum obat dokter) n alhamdulillah mulai sembuh… dengan minum ramuan I Akar Kuning dr hutan kalimantan (krn aku org samarinda), Ramuan ke II temulawak+kunyit kuning+kunyit putih jg minum susu kedelai …. diminum Rutin temulawak instan bayak dijual, bentuk kapsul jg ada, tp yg baik bikin aja sndiri diiris tipis2 n dikeringkan…… ( my FB adhy_comel@yahoo.co.id)

  9. Oktober 27, 2010 5:17 pm

    informasi yang sangat menarik
    jangan lupa kunjungi ini yaaaaa

  10. Tanti permalink
    Desember 8, 2010 11:05 am

    Saya ingin beli temulawak asli,bukan yg sudah diproses.apakah ada yg jual.kl ada hubungi via email ya.tks

    • JUJU permalink
      Januari 27, 2011 12:01 pm

      DI PASAR TRADISIONAL BANYAK YANG JUAL,ATAU PESEN AJA KE TUKANG JAMU GENDONG

    • Maret 20, 2011 1:34 pm

      saya punya temulawak asli 50 ml harga 200.000 original

    • andis permalink
      April 20, 2011 1:34 pm

      @TANTI : saya punya stok temulawak banyak
      memang yang di butuhkan berapa ?
      untuk info lebih lanjut Hub : 08568733495
      saya minta nomor telpon anda agar mudah di hubungi

  11. yolanda permalink
    Desember 2, 2011 3:08 pm

    Kalo untuk penyakit hepatitis A, temulawak nya. Di rebus ato gmn? Dan kalo di satuin ma obat dr boleh atau tidak?

    • muliater permalink
      Desember 18, 2011 10:37 pm

      temulawaknya di iris tipis-tipis lalu direbus dan dicampur dgn gula batu atau gula merah. lalu diminum 0,5 gelas 3 kali sehari.kalau ada obat dari dokter minumnya slang 1 jam.

  12. susanto permalink
    Januari 23, 2012 11:27 pm

    kurang jlaz cara ngeramu’y

  13. yudi permalink
    April 2, 2012 9:28 pm

    ingin mengambil fungsi nya menyembuhkan ginjal, tapi nggak ingin nafsu makan bertambah, karena kalau minum temulawak menjadi cepat lapar, bagaimana caranya, komposisinya?

Trackbacks

  1. Temulawak, Umbi Penyembuh Lever | Abu Abdurrohman Manado

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 45 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: