Lanjut ke konten

Kunyit: Obat Herbal untuk Sakit Maag

Mei 11, 2009

Indonesia adalah negeri yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Kekayaan itu terkadang belum banyak diteliti. Sehingga banyak tumbuhan asli Indonesia yang belum diteliti manfaatnya terhadap penyembuhan penyakit. Seperti para pengidap penyakit maag. Selain mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter, ternyata penyakit ini bisa disembuhkan dengan mengonsumsi kunyit, yang banyak ditemukan di setiap dapur di rumah.

Beberapa tanaman yang telah banyak diteliti untuk digunakan sebagai obat sakit maag di antaranya adalah kunyit. Kunyit (Curcuma longa atau C domestica) termasuk yang paling dikenal masyarakat. Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak 1953. Hasil penelitian menunjukkan, dengan kunyit laju penyembuhan meningkat 23,3 persen pada kelinci dan 24,4 persen pada tikus.

Penemuan ini dan penggunaannya secara tradisional untuk dispepsia, merangsang penelitian lebih lanjut. Pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung. Bahkan, penyembuhannya dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung.

Selain mengonsumsi kunyit yang telah diolah menjadi minuman, kepada penderita dianjurkan pula untuk makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Penyembuhan sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Dengan mencampur tanaman yang mempunyai sifat demulcent, antasid, dan astringent, akan dapat diperoleh sediaan paling baik untuk pengobatan luka pada usus. Dosisnya masing-masing 165 mg/kg bobot badan untuk jus kunyit dan 10 gram/kg bobot badan untuk bubuk kunyit.

Usaha identifikasi kandungan aktif kunyit mengarah kepada penemuan curcumin. Secara eksperimental curcumin efektif mencegah dan memperbaiki luka lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin. Curcumin meningkatkan mukus lambung sehingga aktivitas nyeri lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mukus. Percobaan klinis efek kunyit pada penderita dilakukan terhadap 10 pasien.

Obat diberikan secara oral dengan dosis dua kapsul 250 mg selama empat kali sehari, setengah sampai satu jam sebelum makan dan sebelum tidur. Pemeriksaan endoskopik dijalankan periodik sebelum pengobatan dan 4, 8, 12 minggu setelah pengobatan. Maag sepenuhnya terobati pada lima pasien dalam waktu empat minggu atau tujuh pasien dalam empat sampai 12 minggu.

>> ke halaman Depan

Sumber: Okezone

Artikel Terkait:

About these ads
94 Komentar leave one →
  1. Speedup permalink
    Juni 1, 2009 12:50 pm

    Trimakasih bagus artikelnya

  2. Juli 6, 2009 3:15 pm

    duch….. q harus gmn nech????
    q udah g bisa nahan sakitnya, klu k dokter mah, udah mondar mandir, tp g da buktinya……
    bantuin q donk?????

  3. agus permalink
    Juli 6, 2009 3:55 pm

    bila saya sudah sembuh baik tidak andaikata dikonsumsi terus?
    dosisnya berapa dalam sehari kita minum?,thanks infonya

  4. admin permalink*
    Juli 11, 2009 7:32 am

    @Speedup, Terimakasih atas kunjungannya, mudah2an artikel yg ada di blog ini bermanfaat
    @berry, coba dengan pengobatan herbal seperti ramuan kunyit pada artikel ini, selain alami, mudah juga murah. Mudah2an cocok dan penyakit maag anda sembuh
    @agus, tanaman kunyit memiliki banyak khasiat untuk mengobati diabetes, diare, mual, melancarkan haid, diesentri,dll. jadi untuk menjaga kesehatan sebaiknya terus mengkonsumsi kunyit atau obat herbal lainnya secukupnya dan rutin.

  5. Agustus 11, 2009 9:35 pm

    mau tanya dosis minumnya berapa banyak dalam sekali minum ?
    dan berapa kali dalam sehari ?
    apakah ada istilah keracunan kunyit ?

    • pungguh permalink
      Agustus 9, 2011 8:18 am

      y lwat obat herbal wae to cobane yo teratur a ora mek sepisan ntok

  6. Holik Ahmad Nuroni permalink
    Agustus 24, 2009 8:20 pm

    skg lagi masuk bulan ramadhan saya pengen puasa ful..
    jadwal saya untuk meminumnya kapan aja?
    kira butuh waktu berapa lama saya mengkomsumsinya?

  7. rudy permalink
    September 17, 2009 8:22 am

    mau tny nih pak, kl sakit maag tuh keluhannya seperti rasa eneg di pagi hari, perut kembung di malam hari sehingga sulit tidur. Apakah itu wajar, dan sy sdh sakit maag sekitar sebln lbh apakah itu wajar jg?

    mhn responnya pak

    trims

  8. kunto permalink
    November 7, 2009 8:52 am

    sakit maag bisa membaik dg cuma makan GETUK singkong tiap hari ehhehe simple banget :) pantangan maag : pedas, masam, alkohol, kurangi garam-2an.

  9. himawan permalink
    November 15, 2009 9:05 am

    makan singkong rebus tanpa garam disertai minum madu cukup baik mengatasi maag. Dan jaga kestabilan dr perasaan dan pikran. jng makan / minum pedas , masam, kurangi garam-2an. lakukan olah raga ringan.

  10. yudi rahman permalink
    Februari 7, 2010 3:37 pm

    hanya himbauan saja pada temen2 sesama penderita mag, selain makan teratur dan minum obat, hindari stress dan jangan terlalu capek dalam bekerja. hindari rokok dan es,dan jgn mikir terlalu berat.itu yg sering saya rasakan.sering lah berpuasa. dan itu baik.

  11. cece permalink
    Februari 17, 2010 3:22 pm

    Tolong di info cara minum / dosisnya dong…..!!!

    Tks

  12. Lia permalink
    Februari 23, 2010 7:52 pm

    Thanx bgt ats infonya…bagaimana dg kunyit putih? Sy dgr it bsa jg menyembuhkan maag? Bnarkah it?

  13. julia permalink
    Mei 12, 2010 2:25 pm

    saya mengalami sakit maag,,,sehingga ulu hati saya sering nyeri,,,sampai terasa sakit sekali,,,apakah ini parah???mohon petunjuknya!!!sebelumnya terimakasih

  14. Harun permalink
    Mei 23, 2010 6:26 am

    Apa nama obt dr kunyit yg udah d kapsul.?minumnya gmana?

  15. Juni 27, 2010 6:15 pm

    thanks infonya ,, aku juga pernah sakit maag lama , rasanya tersiksa banget . Semoga berguna untuk yang lagi sakit maag..

  16. Thony permalink
    Juli 28, 2010 1:56 am

    Untuk yg sakit maag coba aja minum chlorophyll, saya sih ga pernah ngerasain sakit maag tp teman saya bilang setelah minum chlorophyll maagnya ga pernah kumat lagi.

  17. R.MUNTHE permalink
    September 15, 2010 3:18 pm

    Untuk para pembaca, selain kunyit dan yang sudah disebutkan oleh teman-teman
    di atas ada juga obat maag yang cukup manjur , yaitu : Daun Bunga Raya atau di daerah Brastagi sering disebut Bunga Kembang Sepatu bunganya merah seperti terompet.
    Caranya : ambil daun bunga kembang sepatu +/- 20 lembar dicuci terlebih dahulu kemudian diris-iris, rebus dengan 2 liter air, sesudah mendidih tambahkan gula batu secukupnya.
    minum 3 x sehari. Sesuai pengalaman saya dan teman-teman yang sudah mencobanya, sakit maagnya akan tuntas.

  18. ANDY permalink
    September 23, 2010 3:35 pm

    gmn klo sama orng yg ska ngerokok apa akibat nya…???? thanks

  19. Oktober 10, 2010 3:14 pm

    wuah artikelnya luar biasa nih memang lebih baik kita konsumsi herbal karna tidak punya efek samping. salam kenal dari poso sul-teng..

  20. Oktober 27, 2010 11:06 am

    informasi yang sangat menarik

    jangan lupa kunjungi ini yaaaa

  21. Februari 21, 2011 2:48 pm

    very nice,,,sy suka obat traditional

  22. Februari 26, 2011 5:28 pm

    ternyata kunyit bisa buat obat maag.

  23. dede suwanda permalink
    Maret 3, 2011 12:21 pm

    mending memakai obat alami saja ya, tidak ada efek samping tuh, semoga mereka yang senasib denganku, ada masalah di lambungnya, semuanya sehat dan normal kembali.. Aamin

  24. Maret 11, 2011 9:21 am

    terima kasih sobat atas infonya, kebetulan maag ku sering kambuh klo pas bangun pagi

  25. Tallao permalink
    Maret 23, 2011 8:51 am

    Apa obat utk mengurangi asam lambung????

  26. Fitri permalink
    April 8, 2011 11:04 am

    dok…bener y klo kunyit bs bkn mandul?

  27. April 11, 2011 5:21 am

    salam kenal ya lagi cari bahan bahn untuk membuat obat ni…….
    batikcirebonan.wordpress.com
    sangat membau aku.

  28. April 15, 2011 8:39 am

    kalau sudah ada penelitian tentunya penggunaan obat herbal sebagai obat alternatif akan lebih afdol. semoga publikasi hasil penelitian obat herbal semakin gencar. agar masyarakat lebih yakin untuk menggunakan obat herbal

  29. Isya permalink
    Mei 27, 2011 5:56 am

    Mkch bnyk atas info manfaat kunyit ….bagi penderita maag spt sy..

  30. anwar saleh permalink
    Juni 9, 2011 1:01 pm

    saya sering kali sakit kalo terlambat makan pada pagi hari oleh sebab itu yang saya ingin yang tanyakan kiat-kiat untuk mengatasi ganguang penyakit maag

  31. Juni 19, 2011 1:07 am

    Tips yg berguna semoga bermanfaat

  32. wendy permalink
    Juli 19, 2011 1:06 pm

    saya sering mual kembung dipagi hari, sering pedih dan nyeri didekat pusar, buang air besar berlendir kuning apa penyakit saya

  33. Mbader permalink
    Agustus 11, 2011 11:43 pm

    Tmen sy srg mengeluh tiap hbs makan trs sakit d ulu hati.apa tuh gjala skt maag jg?? Thanks b4&dtggu jwbny.

  34. Agustus 12, 2011 2:21 pm

    saya ijin copas yaa mas :)

  35. Enikurniawati permalink
    Agustus 13, 2011 11:07 am

    Udah 5 bulan sakit maghh gak sembuh2 dijakarta dimana bisa membeli jely g gamat

  36. dewi permalink
    Agustus 22, 2011 9:00 pm

    Alhamdulillah…kunyit memang sangat bermanfaat untuk mengurangi sakit maag, dengan minum 2 botol aqua dalam sehari ramuan minuman kunyit saya bisa berpuasa kembali

  37. Agustus 30, 2011 9:04 pm

    dah 3 minggu perut saya kembung, da bnyak obat yg aq makan tp blum ada perubahan gmna ngatasin itu ya?

  38. September 7, 2011 7:28 am

    maksih bos.. Artikel bgus bnget n dah terbukti khasiatnya

  39. September 7, 2011 10:49 am

    saya ikutan mau membuktikan kunyit berkhasiat unutuk maag, bukannya gak percaya, maaf tapi ini untuk karya ilmiah saya, bagaimana jika pembuktiannya dengan hanya menyampurkan HCl dengan larutan kunyit (menunggu reaksi penetralan atau penggaraman?) dengan begitu bisa gak ya membuktikan kunyit shahih berkhasiat untk maag? tolong ya bantuannya

  40. yanto permalink
    September 14, 2011 10:57 pm

    pisang yg biasa tuk gorengan tp yg mangkel bs jg tuk obat sakit maag

  41. Efri permalink
    September 15, 2011 11:27 pm

    misi dok mu tanya nih, aq klo pas telat makan perut sakit bgt truz klo pas pagi habis bangun tidur rasanya mual+kembung+tenggorokan rasanya lengket sulit bgt buat nelen dan di bawah ulu hati rasanya sakit serasa di tekan, apakah itu gejala sakit magh dok? aq lum pernah ngalamin sakit magh sebelumnya, dan nih sudah 1 minggu berjalan rasanya hampir sama setiap kali saya bangun tidur…. mohon petunjuk…. trimakasih sebelumnya…

  42. reza permalink
    Oktober 3, 2011 8:39 am

    mind cara mengobati borok kelinci gmn

  43. Intan Ayuningsih permalink
    Oktober 19, 2011 8:12 pm

    saya mau tanya , ulu hati saya terasa sakiit banget . tapi sebentar2 ilang lagi , ntar sakit lagi . Saya udah berobat ke dokter tapi masih sakit .
    tolong petunjuk nya ya ?
    trims :)

  44. rossa permalink
    Oktober 25, 2011 5:42 pm

    apa ya obat maag ?

  45. tri permalink
    November 8, 2011 11:50 am

    Tq atas informasinya.

  46. didik dwi permalink
    November 15, 2011 9:17 am

    emh ku sich mw nyobak tapi kog gi mana bgt coz ndak samping rumah q juga banyak pohon kunyit

  47. November 17, 2011 1:26 am

    sangat bermanfaat bagi saya..terima kasih

  48. Alfian permalink
    November 17, 2011 9:31 pm

    Maag benar2 nyiksa,,apa benar kunyit udah terbukti bisa ngatas maag

  49. agus kurniawan permalink
    November 23, 2011 8:05 am

    tolong kasih tau Obat Herbal untuk Sakit asam urat

  50. November 25, 2011 10:48 pm

    sudah saya coba lumayan untuk tubuh

  51. yeni aprilia yani permalink
    November 29, 2011 9:10 pm

    alhamdulillah sakit maag sya sudh mendingan, setelah sya rutin mengkonsumsi obat herbal ‘maag’ yg isi’y kunyit n temulawak,,,, sya rutin minum 3xsehari 2kapsul,, bagi yg mengalami hal yg sama seperti saya, silakan coba obat herbal kunyit,,,

  52. Desember 10, 2011 11:45 am

    tks, infonya bermanfaat

  53. Desember 10, 2011 7:46 pm

    kunyitnya da gk yg dcampur agar lebih enak dminum……………n brpa x sehari hrus dminum ?

  54. Desember 15, 2011 10:40 pm

    Boleh juga nih dicoba, pas lagi kumat.

  55. Desember 19, 2011 6:15 am

    tytyuyut

  56. Desember 30, 2011 6:41 pm

    aku mederita penyakit mag’gejalanya kadang lemes’pusing’mual’tpi yg membuat saya bingung kadang kalau jam2 sore perut panas’apakah penyakit yg saya derita adalah penyakit mag?

  57. Syamsul H permalink
    Desember 31, 2011 1:36 pm

    Boleh minta takaran minumnya sehari berapa gelas jus kunyitnya

  58. syafril siregar permalink
    Januari 7, 2012 5:56 am

    dimana bisa beli kapsul kunyit nya…..?????

    • Maret 23, 2012 8:31 pm

      jgn beli yg dah jd obat capsul it dah bukan alami, mending di parut trs di saring lha bru di minum pki air hangat…

  59. Wahdania permalink
    Januari 13, 2012 6:10 pm

    Mkash bAnyak atas informasinya. :)

  60. Januari 22, 2012 7:54 pm

    akan aku coba cara menyembuhkan penyakit maag, semoga bermanfaat…. amiiiiiiin

  61. Januari 26, 2012 4:51 pm

    aku lg merasakan sakit karna lambung yg nyeri gimana dong solusi nya dokter aku udah……tapi tak kunjung sembuh…….kawan2 ada solusi nya gak buat aku untuk ngobatin maag aku ni

    • Maret 23, 2012 8:19 pm

      aku juga sedang merasakan, ini lg sakit tp ak lg mencoba minum kunyit sama pati kanji,,,,

  62. Januari 26, 2012 4:53 pm

    kalau ada apa obat nya dan berapa dosis yang harus dibikin seperti keterangan yg diatas

  63. Februari 9, 2012 10:37 am

    thanks friend,sy akan cb srn kln

  64. Februari 13, 2012 12:00 pm

    kawan2@ gue kasi resep nihhhh,,,,,, parut kunyitnya, terus saring kunyit yang sudah di parut, lalu tambahkn madu secukupnya, tambah air jg secukupnya,..
    saran gue; rutin 2 kali sehari,, pagi dan sore,,,, ada lg nih kalaw mkan tuh,jangn dikit2 klw perlu banyak2lah mknnya usahakan banyak minum air supaya asem yg ad di dalm dapat berkurang and banyak2lah berolahraga,
    pantangannya: kurangi mkanan yg brlemak, pedas2, dan yg asem2 seperti: rambutan,langsat,jambu air dll…. semoga ini bermanfaat aminnnn.

    aku jg pernah rasain kok yg nmnya sakit maag,alhamdulillah udah mendingan, ini jg berkat resep yg sy minum….

    add aku yah nih email aku: yahya_rahmawan@yahoo.co.id

  65. imran permalink
    Maret 15, 2012 8:49 am

    JAZAKALLA INFONYA

  66. Cah jambi permalink
    Mei 21, 2012 4:55 pm

    Hebat

  67. Mei 23, 2012 12:30 am

    tks teman2 membalas kebaikan kalian amin.

  68. Mei 23, 2012 12:38 am

    tks ya..ats resepnya.smg bermanpaat dan mdh2an lks smbuh amin.

  69. zett permalink
    Juni 2, 2012 8:52 pm

    Makasih ilmunya Masbro,
    Smg maag saya cepat sembuh.

  70. Juni 6, 2012 12:43 pm

    Makasih banget buat informasinya, sangat bermanfaat

  71. Juni 11, 2012 10:19 am

    Sy br mau mencoba obat kunyit buat sakit maaq istri sy.apa kah kunyit tsb direbus apa di parut dan diperas air nya lalu diminum.soalnya sy blum mengetahui cara2 buatnya.tolong di email kan ke sy di.bobyzulhiantok@yahoo.co.id
    Dan apakah klo kita minum kunyit engak ada efek samping nya kah.takut nya penyakit yg lain pd timbul.

  72. Juni 27, 2012 12:40 pm

    Bagus sekali artikelnya.saya akan coba resep ini.

  73. bankit bummi saputra permalink
    Juli 10, 2012 2:41 pm

    nice

  74. uqhunt permalink
    Juli 11, 2012 9:17 am

    mksh ya ats info.a, smga perut sya cpat sembuh, minta d0.anYa. . .

  75. Juli 16, 2012 11:08 am

    sekarang ada obat tradisional dari kunyit yang tinggal telen. g perlu susah2 mensarikan. klik aja di obatmaagtradisional.com

    murah kok harganya =.

  76. Agustus 14, 2012 9:02 am

    thx infonnya :)

  77. September 10, 2012 9:59 am

    Iya katanya memang bisa buat sakit magh ya. tapi kalo sudah kronis gimana ?

  78. junizar permalink
    Desember 12, 2012 8:32 pm

    saya juga nih semenjak 1tahun ini maag ku sering kambuh, kalau sakit ampun deh,ampe bosen minum obat mulu, aku mau obat yg alami, tolong informasinya ya

  79. Juli 1, 2013 9:09 am

    Good web site you have here.. It’s hard to find good quality writing like yours these days. I seriously appreciate individuals like you! Take care!!

  80. Agustus 8, 2013 1:28 pm

    I all the time emailed this weblog post page to all my associates, since if like to read it next my contacts will too.

  81. Agustus 21, 2013 5:02 am

    terima kasih atas informasinya

  82. Desember 6, 2013 12:20 pm

    apa benar pernyataan di atas tu

  83. Februari 11, 2014 6:52 am

    artikel yang menarik. Kami menjual souvenir khas madura yang dalam bentuk herbal silakan kunjungi herbal tradisional madura. semoga kita bisa bekerjasama. Terima kasih

Lacak Balik

  1. Obat Alami Luka Bakar | Pengobatan
  2. Kunyit: Obat Herbal untuk Sakit Maag | Abu Abdurrohman Manado
  3. Khasiat Ketimun, Turunkan Demam hingga Darah Tinggi | Obat Herbal Tradisional Alami

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: