Lanjut ke konten

Multi Khasiat dibalik Pahitnya Sambiloto

Juni 29, 2009

Sambiloto banyak di temukan di daratan Asia. Selain Indonesia, sambiloto juga terdapat di India, Filipina, Vietnam dan Malaysia. Tanaman yang bernama latin Andrographis Paniculata Ness ini dapat hidup subur di daerah tropis dengan ketinggian antara 1- 700 meter diatas permukaan laut.

Sambiloto merupakan tanaman semak yang mempunyai banyak cabang yang berdaun dan tingginya bisa mencapai kurang lebih 90 cm. Daun sambiloto kecil-kecil berwarna hijau tua dan bunganya berwarna putih. Sambiloto juga dapat berkembang biak sepanjang tahun, dengan biji maupun dengan cara stek batang. Perbanyakan dengan stek batang juga relatif mudah dilakukan. Caranya, pilihlah batang yang agak tua yang memiliki daun sekitar 10 helai. Batang tersebut dipotong sepanjang kurang lebih 20 cm lalu ditancapkan ke tanah di tempat teduh. Hanya dalam waktu sekitar satu bulan, tanaman sambiloto sudah mulai di penuhi daun muda. Bagian yang biasa digunakan untuk obat tradisional adalah daunnya yang rasanya sangat pahit. Sebenarnya selain daunnya, batang, bunga dan bagian akar juga bermanfaat obat.

Dari jaman dahulu kala hingga sekarang.
Relief daun sambiloto ada di Candi Borobudur serta di Kitab Serat Rama dalam bahasa Jawa Kawi di sekitar abad 18. Disebutkan sambiloto berkhasiat untuk mengobati prajurit Hanoman yang terluka ketika perang melawan Rahwana.

Di Indonesia, banyak orang mengenal sambiloto dari mbok jamu gendong, yang biasa disebut dengan nama jamu paitan. Seringkali orang mengkonsumsi cairan paitan yang warnanya kehitaman dari mbok jamu, dan kemudian pahitnya diusir dengan minum beras kencur. Campuran ini biasa dikenal untuk mengusir masuk angin.

Selain membeli di jamu gendong, orang juga bisa mengkonsumsi sambiloto dengan cara merebus daunnya. Daun yang kering pun tidak kalah manfaatnya bahkan sekarang ada pula sambiloto dalam bentuk teh celup. Bagi yang tidak tahan dengan pahitnya, namun ingin mendapat khasiat istimewa sambiloto, dapat mengkonsumsi sambiloto dalam bentuk kapsul.

Sejalan dengan trend “back to nature”, kalangan asing pun sudah banyak yang melirik khasiat sambiloto. Berbagai penelitian yang dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri, menemukan bahwa di balik rasa pahit sambiloto, terkandung zat aktif androgapholid yang sangat bermanfaat untuk pengobatan. India juga sudah lama mengenal tanaman obat ini, bahkan sambiloto digunakan untuk memerangi epidemi flu di India pada tahun 1919 dan terbukti efektif sehingga sambiloto mendapat julukan the “Indian Echinacea”.
Di Cina, sambiloto sudah di uji klinis dan terbukti berkhasiat sebagai anti hepapatoksik (anti penyakit hati). Di Jepang, sedang di jajaki kemungkinan untuk memakai sambiloto sebagai obat HIV, dan di Skandinavia, sambiloto di gunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit infeksi.

Macam-macam khasiat sambiloto
Secara turun-temurun, orang sudah menggunakan rebusan daun sambiloto untuk mencegah masuk angin atau influenza, menurunkan demam, sakit kuning, serta mengobati luka. Untuk mengobati luka, biasanya orang menumbuk daun sambiloto kering, dan menaburi luka atau korengnya dengan bubuk sambiloto. Selain itu pahitnya sambiloto juga dipercaya manjur untuk meredakan kencing manis.

Menurut dr J Sidhajatra yang sudah puluhan tahun memberi obat herbal pada pasien-pasiennya, sambiloto merupakan herbal yang mempunyai efek anti-infeksi / anti radang paling baik diantara tanaman obat lainnya. Penyakit-penyakit infeksi terutama infeksi pada jaringan mucus atau lendir, seperti infeksi tenggorokan penyebab influenza, infeksi saluran kemih, keputihan pada wanita maupun infeksi pada koreng, bisa diobati dengan sambiloto.

Dalam bentuk rebusan daun kering, dr. Sidhajatra menganjurkan dosis sebesar 5 gr, yang direbus bersama air 2 gelas sampai sisa 1 gelas untuk satu hari (diminum 3 x 1/3 gelas). Jika menggunakan daun segar, dosisnya adalah sekitar 30 lembar daun dengan cara yang sama seperti merebus daun kering. Dalam bentuk ekstrak, mengkonsumsi sampai dengan 1500 mg per hari masih dianggap aman. “Berdasarkan pengalaman saya, sambiloto dalam bentuk ekstrak ternyata terbukti lebih efektif mengatasi berbagai penyakit radang/infeksi” demikian dr Sidhajatra menambahkan.

Namun dr Sidhajatra mengingatkan bahwa penggunaan sambiloto untuk meredakan kencing manis, juga harus disertai dengan diet rendah karbohidrat dan gula. “Kalau cuma rajin mengkonsumsi sambiloto tapi makan tetap seenaknya, ya berbahaya”, demikian nasehat dr Sidhajatra.

Pendapat dari dr Paulus W Halim yang berpraktek di BSD City, Tangerang, sangat positif mengenai sambiloto. “Di padukan dengan herbal lain seperti temulawak, sambiloto jadi lebih efektif untuk mengobati penyakit saluran pernafasan bagian atas (ISPA). Sambiloto juga berfungsi sebagai imuno stimulator, dan obat herbal untuk penderita diabetes melitus, juga sebagai perangsang nafsu makan pada anak-anak” demikian penjelasan dokter lulusan Italia ini.

Pemanfaatan sambiloto di Indonesia
Ironisnya, di Indonesia sendiri, sambiloto baru dikenal secara terbatas di kalangan orang orang yang biasa mengkonsumsi jamu. Melihat khasiatnya, tentu lebih baik jika kita kembali ke alam dengan mengkonsumsi tanaman obat sambiloto, dibandingkan dengan mengkonsumsi antibiotik yang memiliki efek samping kurang baik dan harganya yang relatif mahal. Dan jika negara-negara maju seperti Skandinavia, Jepang, Cina sudah menggunakan sambiloto, tentunya tidak ada alasan lagi mengapa kita sebagai negara penghasil sambiloto tidak mengkonsumsinya?

Jadi, sekarang tidak ragu lagi kan mengkonsumsi sambiloto?

>>ke halaman Depan

Sumber: asyifaherbal.com

About these ads
31 Komentar leave one →
  1. Indrawati permalink
    Juli 25, 2009 1:26 am

    Dimana bs dptkan sambiloto dalam kemasan kapsul?

    • aladin tanpa lampu wasiat permalink
      Oktober 15, 2009 9:04 pm

      indrawati bisa cari di toko herbal terdekat. kalo masih kesulitan kami juga menyediakan sambiloto dalam kemasan kapsul harga terjangkau

      • sam permalink
        Maret 10, 2010 11:50 pm

        Mohon infonya: saya agak kesulitan mendapatkan sambiloto dalam bentuk kapsul

        trima kasih atas bantuannya

      • ika permalink
        Januari 7, 2011 10:41 pm

        klo maw pesan sambiloto yg dlm bentuk kapsul kmna ya n harganya berapa??
        thank’s infonya

      • muhlis permalink
        Agustus 21, 2011 7:02 pm

        berapa nomor hp dan bagaimana cara agar saya bisa memesan sambiloto dalam bentuk kapsul, dari muhlis, Perum Taman Mutiara, Blok Y-6 Bondowoso, Jawa Timur, tlp, 081336667325

    • DH. Suhermanto permalink
      Desember 27, 2011 11:09 pm

      7 Herba Plus Mengandung Ekstrak Sambiloto, Habatussauda & Herba Lainnya, Syifa SL Mengandung Ekstrak Srng Semut, Lingzhi & Herba Lainnya, LINGCAPS Ekstrak Kapsul Jamur Lingzhi Alam, KOPI LINGZHI Serbuk seduh Jamur Lingzhi, PURWAGRA JW mengandung ekstrak akar purwaceng & herba lainnya, 081904295452, 085740105836, 081215510159

    • Maret 12, 2012 1:02 pm

      pantas saja saya sudah mengkonsumsi di rebus trus d mnum badan terasa enak..bahka saat q demam badan panas seketika dengan hitungan menit reda seketika…ya kebetulan jg d rumah q banyak se x tanaman sambiloto…….tanks yua artikel yg oke

    • September 8, 2012 8:15 am

      supaya anak2 mau minum sekarang sy kapsulin. bikin sendiri smua jadi aman. tanamannya jg dari kebun sendiri. ada yg pesen akhirnya. lumayan buat tambah2 deh. ternyata sehat tdk mahal. sejak anak2 minum sambiloto, sekarang jarang ke dokter..

  2. Juli 27, 2009 11:33 am

    thanks informasinya, semoga manfaat sambiloto semakin membuat kita sehat dan kembali ke alam tanpa obat kimia, amiiin

  3. Asti permalink
    Juli 31, 2009 4:15 pm

    Hallo…. Mo nanya apakah sambiloto (paitan) bs dipakai untuk mengurangi alergi kulit akibat gigitan nyamuk….??? apakah ada efek anti-histamin nya..??

    Obat herbal apa ya yang bermanfaat sebagai pencuci/pembersih darah…??

    Thanks..

  4. September 7, 2009 7:00 am

    Yang menarik adalah sambiloto itu sebagai antibiotik alami.. Dan yang sudah banyak digunakan dan diakui khasiat dari daun ini adalah untuk mencegah malaria karena itu daun ini disebut juga obat anti malaria.

    Nice share n keep posting..!!

  5. Ana permalink
    Oktober 7, 2009 11:08 pm

    Sy jg br kenal sambiloto 1/2 tahun ini,kt org2 ditempat saya sambiloto baik untk obati darah tinggi,benar ga?

  6. yuwan permalink
    Desember 14, 2009 3:25 pm

    ada effek samping ndak. Karna selema ini saya rajin minum sambiloto. Takut ada efek samping

    • admin permalink*
      Desember 25, 2009 7:38 am

      sepengetahuan kami tidak ada efek samping jika mengkonsumsinya tidak berlebihan, misalnya 1 jumput sambiloto/hari insyaAllah masih aman

  7. Herianto permalink
    Agustus 3, 2010 11:27 am

    apakah jika kita hanya telan langsung daunnya, sambiloto tsb masih memiliki khasiat yang sama? soalnya papa saya (DM) khawatir maagnya kambuh jika sambiloto tsb di kunyah.. thx

  8. dedung permalink
    Agustus 4, 2010 3:56 pm

    Apakah daun sambiloto ini bisa untuk mengobati sakit maag ?

  9. September 18, 2010 7:08 am

    thanks atas informasinya
    keep share

  10. Januari 10, 2011 8:08 am

    Kami sudah menggunakan sambiloto untuk di sinergikan dengan herbal yang lain, Alhamdulillah hasilnya lebih bagus di banding dengan di konsumsi langsung. Kami juga membuat ladang untuk sambiloto…lumayan bisa untuk tambahan.

  11. irwanto permalink
    Mei 15, 2011 1:20 pm

    apakah sambiloto bisa untuk obat tipez…

  12. mas kodrat permalink
    Mei 17, 2011 9:07 am

    bisakah daun sambiloto untuk obat tipes ?

  13. Mei 20, 2011 3:45 am

    bs g sambiloto ngobatin jerawat n alergi kulit?

  14. esther taarea permalink
    November 15, 2011 2:53 pm

    bisa tanam sendiri, sangat mudah

  15. ulifah permalink
    November 19, 2011 3:50 pm

    aku sudah membuktikan khasiatnya..aku menanam itu sambiloto dan sekarang sudah tumbuh dengan pesat…hanya saja saya gak bisa mengolahnya kecuali merebus daun tsb untuk aku konsumsi sendiri

  16. DH. Suhermanto permalink
    Desember 27, 2011 10:52 pm

    7 Herba Plus Mengobati & Mencegah Berbagai Macam Penyakit Dg Ekstrak Racikan Sambiloto, Habatussauda & Herba Berkhasiat Lainnya, Syifa SL Khusus Mengobati Kanker, Tumor Dll Karena Mengandung Ekstrak Srng Semut, Lingzhi & Herba Lainnya, 081904295452

  17. Avemarie Vely permalink
    Februari 21, 2012 10:19 am

    wahhh saya penggemar jamu sambiloto biasanya capurannya jahe,kunyit dan daun sirih dan terakhir sambiloto.. I love it

  18. Hanif Said permalink
    Juli 6, 2012 4:38 pm

    Apakah ada EFEK SAMPINGnya jika minum kapsul sambiloto dipadukan dengan kapsul minyak habbatussauda? Karena saya pernah baca, paduan habbatussauda dan meniran tidak bagus untuk hati/hepar.

  19. November 8, 2012 2:31 pm

    ok
    salam kenal

  20. Februari 22, 2013 1:17 pm

    si pahit sambiloto

  21. adhe permalink
    September 21, 2013 6:55 pm

    apa iya sambiloto membuat perempuan sulit hamil?? Saya ingin hamil tp keputihan sllu ada dg kadar yg banyak dn berbau. Makanya saya meminum jamu samiloto (papaitan )

  22. Februari 7, 2014 10:13 pm

    gimana dok klo saun samiloto ,sirsak dan manggis di jdi kan satu ramuan apa bermasah dgn lambung

Lacak Balik

  1. sambiloto daun sirsak dan lymphoma « hibernasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 44 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: