Skip to content

Atasi Pilek dengan Resep Herbal Hembing

Juli 5, 2009

Pilek atau selesma merupakan penyakit yang paling umum dan sering ditemui, dapat menyerang anak-anak maupun lanjut usia. Sebagian orang awam sering menyamakan penyakit ini dengan influenza, padahal sebenarnya pilek dan influenza adalah dua penyakit yang berbeda, hanya gejalanya ada kemiripan, biasanya influenza lebih hebat penderitaannya dibandingkan pilek. Pilek tidak disertai dengan demam tinggi atau menggigil seperti pada influenza.

Gejala pilek atau selesma ditandai dengan tersumbatnya saluran pernapasan, tidak enak badan, kepala terasa pening dan berdenyut-denyut, bersin-bersin, ingus yang cair meleleh keluar dari hidung, temperatur tubuh naik atau demam ringan , mata merah dan terasa sakit, sakit tenggorokan sehingga sulit menelan, suara serak dan batuk-batuk. Penyakit ini sering diikuti dengan peradangan tonsil/amandel dan radang tenggorokan. Pilek sebenarnya bukan termasuk penyakit berat namun sangat menganggu penderitanya.

Pilek atau selesma terutama disebabkan oleh infeksi virus, ada lebih dari 200 virus yang telah diketahui menimbulkan selesma. Juga dapat disebabkan karena daya tahan tubuh yang menurun, atau adanya alergi di hidung dan kerongkongan. Pilek sangat mudah menular, orang dengan daya tahan tubuh yang lemah mudah tertular penyakit ini. Penularan penyakit ini bisa terjadi melalui percikan bersin atau ludah penderita yang mengandung virus dan masuk melalui saluran pernafasan. Pilek biasanya berlangsung selama 1-2 minggu. Gejalanya akan berangsur-angsur berkurang setelah 3-5 hari dilakukan perawatan sendiri. Namun jika gangguan tetap tidak berkurang setelah 3-5 hari melakukan perawatan sendiri, menandakan adanya tambahan infeksi bakteri.

Walaupun selesma/pilek bukan termasuk penyakit yang berat, namun penyakit ini susah diatasi sehingga sering kambuh. Pengobatan yang bisa dilakukan hanya untuk meredakan gejala atau simtomnya. Hal ini karena virus yang menyebabkan selesma sangat banyak jumlahnya dan dapat mengalami perubahan atau memiliki kesanggupan untuk mengalami mutasi genetik sehingga dapat timbul virus-virus baru. Hal tersebut menyebabkan virus selesma kebal terhadap vaksin tertentu atau antibodi tertentu dalam beberapa waktu sehingga sangat sulit untuk membuat vaksin selesma.

Penyakit selesma merupakan penyakit yang sering menyerang dan berulang-ulang. Karena ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan penyakit ini, maka dalam setahun bisa terserang pilek berkali-kali, amatlah mungkin terserang selesma lagi sebelum selesma yang pertama selesai. Oleh karena itu, untuk mencegah selesma yang paling utama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu melalui pola hidup sehat, seperti olahraga yang teratur dan terukur serta tidak berlebihan, menghindari atau mengendalikan stres dengan baik, serta asupan makanan yang bergizi terutama yang mengandung vitamin A can C. Selain itu agar terhindar dari selesma, sering-seringlah mencuci tangan, karena virus selesma dapat bertahan pada meja, pegangan pintu, uang atau apapun selama beberapa jam. Hindari juga lingkungan atau orang yang selesma karena bisa tertular melalui percikan bersin penderita.

Untuk perawatan selesma tanpa disertai komplikasi adalah banyak istirahat, makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan kondisi tubuh, kompres hangat di dada dan kepala, mandi dengan air hangat, dan minum obat untuk mengatasi gejala selesma yang tidak nyaman.

Herbal atau tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi pilek atau selesma mempunyai efek sebagai penurun panas (antipiretik), anti-infeksi, antitussif (meredakan batuk), dan membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Berikut beberapa resep herbal untuk mengatasi pilek :

Resep Herbal 1

10 lembar daun sirih + 25 gram empu kunyit (dipotong-potong), setelah dicuci bersih direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, tambahkan madu atau gula batu, airnya diminum 2-3 kali, setiap kali minum 100-150 cc.

Resep Herbal 2

Daun sambiloto kering dijadikan bubuk, ambil 1-2 gram bubuk tersebut lalu seduh dengan air panas, tambahkan madu, diaduk, lalu diminum setelah hangat. Lakukan 3 kali sehari.

Resep Herbal 3

Sambung nyawa segar + 15 gram pegagan segar, dicuci bersih lalu diblender + 150 cc air matang, diblender, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Resep Herbal 4

10 gram jahe segar + 1 siung bawang putih, dicuci bersih dan dihaluskan,lalu diseduh dengan 200 cc air panas, tambahkan air perasan dari ½ buah jeruk lemon dan madu, kemudian diminum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

Catatan:

pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur. Untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci kaca/pyrex atau panci enamel.

>>ke halaman Depan

Sumber: Prof. Hembing Wijayakusuma
About these ads
19 Komentar leave one →
  1. Juli 25, 2009 12:55 pm

    pilek atau influenza mah ngak usah diobatin..

    dia itu mah cukup istirahat yang cukup ma seneng aja,,

    supaya sistem imun tubuh naik..

  2. Ayu larasanti permalink
    September 19, 2009 4:10 pm

    Memang benar sakit pilek paling mengganggu dan adakah yg lebh simpel obatnya

  3. Oktober 26, 2009 2:35 pm

    anakku hari ini tiga-tiganya pilek

  4. ummi danish permalink
    November 7, 2009 7:46 am

    anakku pilek, jd semalaman rewel karna susah bernafas…

  5. shanti permalink
    Januari 27, 2010 12:00 pm

    ank sy skt pilek sama batuk udh 4hr blm sembuh2,umurnya msh setaon dan 3th,adakah obt herbal yg bisa mengatasinya…

  6. Januari 30, 2010 5:12 am

    Aku pilek tiap hari dari sma n skrg umurku dah 29 taun. Ga pernah brenti. Trutama pagi.

  7. Anita permalink
    Mei 8, 2010 10:40 pm

    Anak sy umur 9 bln, sering sekali pilek berulang-ulang…klu di beri obat herbal yg tersebut diatas apa bisa? Untuk obat luar ada ngak?

  8. Achsan Pudji Muljono permalink
    Mei 30, 2010 7:32 am

    Terima kasih atas resepnya. Dengan beberapa resep alternatif yg disajikan, membuat kami lebih mudah utk memillih resep sesuai dengan pilihan bahan yang mudah didapat di tempat kami. Lanjutkan tips2 herbal ini, semoga sukses!

  9. ummu aisy permalink
    Juni 29, 2010 10:22 am

    anak saya berumur 18bulan sudah 1bln lebih batuk disertai dahak, sdh enam kali priksa dokter, menurut dokter sakit radang tenggorokan.ini sdh lumayan baikan ttp msh sering batuk, frekuensi batuknya skrg sdh agak jarang. Apa resep ini bisa digunakan untuk anak saya?Krn saya kasihan klo anak saya harus terus2an minum obat kimia.

  10. Agustus 18, 2010 7:22 am

    emang bener bener dah kalo udah pilek mah, hese tidur….
    tapi kalo minum yang anget anget, biasanya mampet di idung berkurang…
    apalagi kalo minum sari jahe…

  11. ny.guruh permalink
    April 21, 2011 4:19 am

    anak saya 2hari ini pilek…tapi pas tidur aja,hidung mampet,gak bisa nafas,jadi tidurnya gak tenang…tapi klo keadaan terjaga,dia gak pilek,cuma matanya berair…

  12. April 28, 2011 3:52 pm

    Anak sy umur 3 thn, sudah 3 hr ini pilek pas tidur hidungnya mampet, gak bisa nafas, tidurnya gak nyenyak kasihan kalau denger nafasnya…
    kalau aku pilih resep herbal 4 kira2 apa bisa untuk hidung tersumbat juga ya? dan aturan minumnya berapa cc?

  13. rahmah permalink
    Oktober 2, 2011 10:26 pm

    resepnya akn sya coba trims

  14. nur permalink
    Oktober 14, 2011 7:52 am

    seminggun ini hidung meler banyak ingusnya kalo malam mampet apa herbal yg ampuh

  15. November 17, 2011 10:03 am

    resep herbalnya untuk balita boleh nggak ya..

  16. luki irwanto permalink
    Agustus 23, 2012 11:38 am

    tank’s ea sarannya

  17. Agustus 25, 2012 4:00 pm

    Kira-Kira obat terampuh apa yaaaa…..?????

    Yang ngak’ pahit githu…..
    kalo makan permen sembuh ngak”????………………….

    Habis adik di sebelah cerewet banget……………………………………. :))

  18. Oktober 25, 2012 9:55 am

    emang susah yea, kalau lg kena pilek….
    nafas aja ngos2san, kepala terasa berat akibat kekuarangan oksige.

Trackbacks

  1. Atasi pilek ala Hembing | BPM Kota Banda Aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: