Skip to content

Inginkan Pereda Demam? Cari saja di Dapur!

April 27, 2009

Keluhan yang sering dialami anak-anak adalah demam. Jika Anda tak ingin menggunakan obat kimia, banyak sekali jenis bahan alami yang bermanfaat sebagai pereda demam, di antaranya bawang merah, air kelapa muda, lempuyang emprit, kunyit, atau pegagan.

Demam adalah peningkatan suhu tubuh di atas normal. Pada anak-anak, suhu tubuh normal berkisar antara 36 hingga 37,5 derajat Celsius. Banyak orangtua kurang memahami bahwa demam bukanlah penyakit, melainkan gejala.

Secara alami demam merupakan reaksi dari adanya infeksi. Infeksi pada tubuh bisa disebabkan virus, bakteri, jamur, atau parasit.

Semua organ tubuh bisa terkena infeksi. Bila menyerang saluran pernapasan bisa menyebabkan batuk pilek, radang tenggorokan, atau amandel. Infeksi bisa juga menyerang telinga, saluran kencing, saluran pencernaan, dap lain-lain. Pendeknya, apa saja bisa diserang oleh virus dan bakteri.

Menurut para ahli, demam sebenarnya bagus, sebagai pertanda adanya infeksi, dan tubuh sedang memerangi virus atau bakteri penyebab penyakit. Biasanya demam diikuti banyak gejala lain, seperti lemah, mual, atau muntah.

Jika anak Anda demam tetapi tenang-tenang saja, masih bisa jalan bahkan berlarian, makan dan minum, serta bermain, orangtua tak perlu khawatir. Sebaliknya, jika demam disertai perubahan perilaku seperti anak cenderung lemas, muntah-muntah, dehidrasi, tidak mau makan dan rewel, orangtua sebaiknya waspada.

Sebagai pertolongan pertama, umumnya diberikan obat penurun panas berbahan dasar kimia seperti golongan parasetamol, asam salisilat, ibuprofen, dan lain-lain. Tidak banyak orangtua di zaman sekarang yang memberikan ramuan herba. Padahal, ramuan herbal ini secara turun temurun telah diwariskan dan tak kalah ampuh sebagai peredam demam.

Seperti diungkapkan Endang, herbalis yang tinggal di Depok, beragam ramuan herbal sudah lama dibuktikan efektivitasnya sebagai peredam demam pada anak-anak. Sebutlah bawang merah, kunyit, air kelapa muda, lempuyang emprit, dan pegagan. Herba juga tentu lebih murah dan aman karena tidak mengandung bahan kimia.

Untuk mengetahui rincian resepnya silakan klik disini!

>>ke halaman Depan

Sumber: Senior

Artikel Terkait:

12 Komentar leave one →
  1. April 27, 2009 4:27 pm

    Assalamu ‘alaikum mas, demi menjalin silaturahmi sesama Blogger marilah kita saling bertukar link, gimana mas?? Salam kenal yah dari Dedhy Kasamuddin :D

  2. rachmaditriatmojo permalink
    April 28, 2009 11:25 am

    Assalamu ‘alaikum akhi, kita saling tukar link, nyok??
    Salam herbal dari
    http://www.herbalobatalami.wordpress.com

  3. Mei 1, 2009 12:46 pm

    betul bgt,obat herba tu kadang malah lebih mujarab drpd obat dr dokter,,,

    • @hmad permalink
      Mei 1, 2009 9:00 pm

      kalo aku sih kalo sakitnya gak parah, misalnya kena flu daripada pake obat kimia mending pake herbal aja: madu+beepollen+habbatussauda dan isitirahat yg cukup, alhamdulillah sembuh dan gak ada efek samping!!!

  4. Mei 1, 2009 1:19 pm

    Nice blog bro, kumpulan herbal2 yang sangat bermamfaat.

  5. speedup permalink
    Mei 1, 2009 6:25 pm

    yup….mari kita back to nature, thanks infonya!

  6. Mei 1, 2009 9:13 pm

    obat herbal ternyata di lingkungan kita banyak, cuma banyak diantara kita yang tidak menyadarinya :)

  7. Mei 2, 2009 2:32 pm

    Thank’s infonya…

  8. Mei 2, 2009 6:51 pm

    Kembali ke alam yuuks..

  9. Mei 6, 2009 8:47 am

    trims infonya, sangat bermanfaat..

  10. Februari 22, 2013 1:44 pm

    setuju…

Trackbacks

  1. Tips Atasi Demam pada Anak « Wahana Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: