Skip to content

Ternyata Tidak Semua Madu Rasanya Manis!

Juli 10, 2009

Madu lebah “pelawan” atau madu pahit murni yang banyak ditemukan di Kabupaten Bangka Barat, diminati para wisatawan. Diyakini madu jenis itu, memiliki khasiat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh manusia.

Seorang peternak madu lebah pelawan di Desa Simpang Tiga, Kecamatan Teritib, Bangka Barat, Babel, Marhabun Minggu, mengatakan, wisatawan dari luar provinsi seperti Jakarta dan Palembang sering datang ke desanya hanya untuk mencari madu lebah pelawan yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain wisatawan dari luar provinsi, katanya, warga dari kabupaten lainnya di Babel juga ada mencari madu lebah pelawan itu hingga ke Desa Simpang Tiga.

“Wisatawan luar provinsi sering datang ke Desa Simpang tiga, hanya untuk mendapatkan madu lebah Pelawan yang rasanya pahit, berbeda dengan madu lebah lainnya,” katanya dan menyebutkan madu lebah pelawan itu dijual seharga Rp 120.000 per kilogram, sedangkan madu lebah manis Rp 40.000 per kilogram.

Menurut Marhabun, madu lebah pelawan itu sudah terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti ginjal, darah tinggi, darah rendah, gangguan pada lambung, lemah syawat, kencing manis, dan menetralisasi racun makanan yang bersarang di dalam tubuh.

“Saya sering didatangi orang yang pernah membeli madu lebah pelawan dan mengaku badannya terasa sehat sejak mengonsumsi madu lebah pelawan, sehingga orang itu selalu memesan madu lebah pada saya,” katanya.

Ia menjelaskan, madu yang dihasilkan dari sarang lebah di desa itu terdiri atas dua macam yaitu madu pelawan yang rasanya pahit dan madu manis. Madu pelawan, menurut dia, terasa pahit karena lebah menghisap pohon pelawan yang rasanya pahit sehingga madu lebah itu terasa pahit.

“Sedangkan madu manis yaitu lebah menghisap sejenis tanaman pada musim panen atau buah-buahan, sehingga madu lebah itu terasa manis,” katanya.

Menurut dia, madu lebah pelawan itu sangat sulit didapatkan dan untuk di Babel, hanya ada di Kabupaten Bangka Barat yang dari dulu terkenal dengan daerah penghasil madu lebah baik madu lebah pelawan (rasanya pahit) maupun madu lebah manis.

“Madu lebah pelawan berasal dari sarang lebah yang bersarang di sejumlah pohon besar di sekitar perkampungan dan waktu memanennya hanya sekali dalam setahun yaitu pada bulan Mei setiap tahunnya,” katanya.

Namun, kata dia, warga juga sering mengalami gagal panen apabila terjadi musim hujan pada jadwal panen tersebut karena sarang lebah tidak berisi madu jika musim penghujan.

“Kalau pada bulan Mei terjadi musim panas, maka sarang lebah yang berisi madu lebah pelawan sangat banyak, mencapai 30 kilogram untuk satu sarang lebah dan masyarakat ramai-ramai mencari sarang lebah pelawan itu di hutan sekitar kampung,” katanya dan menyebutkan sarang lebah banyak ditemukan di pohon kayu besar.

Kendati sulit mendapatkan madu lebah pelawan itu, tetapi kata Marhabun, persediaan madu tetap ada setiap ada permintaan yang kebanyakan datang dari luar provinsi karena madu lebah pelawan itu memiliki ketahanan atau keawetan mencapai puluhan tahun asalkan tempat penyimpanannya ditutup dengan rapat.

“Warga menyimpan madu lebah pelawan itu selama bertahun-tahun untuk konsumsi pribadi dan dijual jika ada yang meminatinya, kendati tidak dalam jumlah yang banyak karena persediaan terbatas karena sulitnya mendapatkan madu lebah pelawan itu,” katanya.

>>ke halaman Depan

Sumber: Kompas
9 Komentar leave one →
  1. Jack permalink
    Juli 14, 2009 8:05 pm

    Mohon saya bs beli dimana ya?apakah ada alamatnya untuk membeli?

    • Helen permalink
      September 1, 2009 11:10 am

      untuk jack dan rina…
      jika tertrik dengan madu pahit, bisa pesan ke saya.
      untuk informasi lebih lanjut, silahkan kirim email ke de_rainy84@yahoo.com.
      trims

      Balas

  2. rina permalink
    Juli 27, 2009 1:56 pm

    Saya ingin tau kepada siapa dan alamatnya untuk membeli

    • Helen permalink
      September 1, 2009 11:11 am

      untuk jack dan rina…
      jika tertrik dengan madu pahit, bisa pesan ke saya.
      untuk informasi lebih lanjut, silahkan kirim email ke de_rainy84@yahoo.com.
      trims

  3. youngmom83 permalink
    Juli 28, 2009 9:54 pm

    madu it ad masa kadaluarsanya gk c??
    soalnya aq pnah denger ad yg blg madu tuh gk bs basi or kdlwrsa….

  4. Juli 31, 2009 1:33 pm

    Madu pelawan pahit, baru coba kemaren waktu dibangka selatan, cuman dapat 2 liter buat oleh2

  5. Agustus 23, 2009 4:42 pm

    madu pahit karena di sekitar lebah banyak pohon singkong mas, jika ada terik matahari dari tangkai daun singkong mengeluarkan banyak sekali nektar pahit yang di ambil lebah untuk di jadikan madu. saya punya madu pahit sekitar 60 kg, jika minat boleh datang!

  6. Helen permalink
    September 1, 2009 11:10 am

    untuk jack dan rina…
    jika tertrik dengan madu pahit, bisa pesan ke saya.
    untuk informasi lebih lanjut, silahkan kirim email ke de_rainy84@yahoo.com.
    trims

  7. Oktober 13, 2012 10:42 am

    Kualitas madu asyraf terbaik kami hadirkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: