Skip to content

5 Manfaat (Serat Pangan) Daun Pepaya

November 26, 2009

Daun pepaya, walaupun rasanya pahit, dapat dioleh menjadi masakan yang enak. Cukup banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun berwarna hijau itu. Dibandingkan dengan daging buahnya, kandungan vitamin A dan C daun pepaya jauh lebih tinggi.

Komponen lain yang menonjol pada daun pepaya ini adalah serat pangan. Berikut ini beberapa manfaat serat daun pepaya:

1. Konsumsi serat pangan yang tinggi (terutama dari daun pepaya) akan memengaruhi mikroflora usus sedemikian rupa, sehingga tidak menghasilkan senyawa karsinogenik penyebab kanker.

2. Serat pangan dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan ekskresi asam empedu dalam tinja. Hal tersebut akan menurunkan ketersediaan lemak dan kolesterol, sehingga dapat mencegah aterosklersosis dan penyakit jantung.

3. Serat pangan dapat mencegah sembelit. Di dalam saluran cerna, serat mampu menyerap air dalam jumlah cukup besar, sehingga massa tinja menjadi lunak dan tekanan dalam usus besar berkurang.

4. Serat pangan dalam daun pepaya sangat baik untuk menunjang program diet. Diet dengan makanan tinggi serat akan sangat membantu program penurunan berat badan. Serat pangan mempunyai kemampuan menyerap air yang cukup tinggi sehingga dapt mengingat zat-zat gizi yang teleh disederhanakan oleh enzim pencernaan.

Zat-zat gizi yang larut dan terikat pada serat, selanjutnya akan dikeluarkan melalui tinja. Keadaan tersebut mampu mengurangi ketersediaan zat-zat gizi bagi tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

5. Serat pangan mampu menyerap air dan mengikat glukosa, sehingga mengurangi ketersediaan glukosa. Diet cukup serat juga menyebabkan terjadinya kompleks karbohidrat dan serat, sehingga daya cerna karbohidrat berkurang. Keadaan tersebut mampu meredam kenaikan glukosa darah dan menjadikannya tetap terkontrol.

Sumber: kesehatan.kompas

>>ke halaman depan

9 Komentar leave one →
  1. Lusia Telaumbanua permalink
    Desember 2, 2009 4:04 pm

    trims atas info ini…
    banyak orang juga takut makan daun pepaya karena katanya bisa menambah kadar gula darah…
    dengan membaca artikel ini,
    saya mendapai informasi baru.

  2. nita permalink
    Desember 25, 2009 11:36 am

    macam macam papaya??????????????????????????? dan jenis pepaya yang dapat di gunakan sebagai pengusir serangga

  3. retno permalink
    Desember 29, 2009 11:54 pm

    thank’ resep2nya… smg amalnya diterima Allah AMIIIN

  4. Januari 1, 2010 3:45 pm

    salam kenal sobat dan untuk semua pengunjung blog anda yang oke saya seorang blogger pemula kalau mau boleh kunjungi blog aku di about business and marketing dan Indonesia blog smoga sukses ntuk semuanya….

  5. maryatin manaf permalink
    Januari 16, 2010 10:23 am

    daun pepaya bisa untk diet? tapi ngapa ya kl kumakan tamh bawaan lapar mulu>>>>?

  6. andi eny anggraeny permalink
    Februari 14, 2010 1:57 pm

    ini yang namanya BERPAHIT PAHIT DAHULU….BERBODY SEXY KEMUDIAN…tull gak om….

  7. Anriansyah permalink
    Desember 16, 2010 8:37 am

    terima kasih atas infonya …
    memang secara umum serat baik sekali bagi pencernaan, jadi logis sekali jika daun pepaya dapat membuat kita

    http://iyana09.student.ipb.ac.id/sehat.

  8. Desember 16, 2010 7:04 pm

    terima kasih atas informasinya ..
    sangat membantu sekali .

Trackbacks

  1. 5 Manfaat (Serat Pangan) Daun Pepaya | Abu Abdurrohman Manado

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: