Lanjut ke konten

Habbatussauda bisa Sembuhkan Diabetes Mellitus

Mei 15, 2011

Habbatussauda berkhasiat untuk mengobati Diabetes Mellitus. Kadar gula darah penderita DM bisa diturunkan karena Habbatussauda memiliki kemampuan untuk menghambat aktivitas enzim glukosa-6-phospatase. Enzim ini berperan dalam metabolisme produksi glukosa dalam darah.

Diabetes Mellitus (DM) termasuk penyakit yang mesti diwaspadai. Ia menjadi penyakit dengan jumlah pasien terbesar pada sejumlah negara. Menurut data WHO, jumlah penderita DM di Indonesia menempati urutan ke-4 di dunia. Pada tahun 2006 diperkirakan di Indonesia terdapat sekitar 14 juta pengidap DM.

Penyakit ini perlu diwaspadai karena ia bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti jantung, stroke, disfungsi ereksi, gagal ginjal, dan kerusakan sistem saraf.

Penyakit ini muncul akibat tubuh tidak mampu mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darah. Hal ini disebabkan kelenjar pankreas tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah memadai, dimana insulin ini berfungsi sebagai pengontrol kadar gula darah. Keadaan ini menyebabkan terjadi kelebihan gula yang bisa merusak pembuluh darah dan memunculkan komplikasi.

Mekanisme Habbatussauda dalam Mengobati Diabetes

Diabetes Mellitus insya Allah bisa diterapi dengan menggunakan Habbatussauda. Dalam buku Trio Herbal (Redaksi Trubus, 2010), mekanisme Habbatussauda dalam mengobati diabetes mirip kinerja thiazolidinedione – salah satu bahan aktif obat yang kerap dikonsumsi pasien diabetes. Senyawa ini mampu memperbaiki sensitivitas insulin dengan mengaktifkan gen-gen tertentu yang berperan dalam sintesa lemak dan metabolisme karbohidrat. Beberapa studi menunjukkan, thiazolidinedione juga baik bagi jantung, mampu menurunkan darah, dan meningkatkan LDL (kolesterol baik).

Hasil penelitian A. Al Hader, peneliti dari Faculty of Medicine Jordan University of Science and Technology, Yordania, menunjukkan kadar gula darah puasa kelinci percobaan diabetes yang diberi asupan alloxan – penyebab diabetes – menurun 12 % setelah 4 jam pascaperlakuan dan 21% setelah 6 jam.

Dalam penelitian itu tidak terjadi peningkatan kadar insulin. Artinya, mekanisme penurunan gula darah diduga bukan disebabkan oleh meningkatnya jumlah insulin. Namun turunnya kadar gula darah disebabkan kemampuan Habbatussauda menghambat aktivitas enzim glukosa-6-phospatase. Enzim ini berperan dalam metabolisme produksi glukosa dalam darah. Jika kerja enzim itu distop maka kadar glukosa darah pun turun.

Penelitian lain dilakukan Tissera MHA et. al. pada tahun 1998 terhadap 55 penderita diabetes. Sebagaimana dikutip oleh dr. Hendrik M. Kes dalam bukunya Habbatus Sauda Thibbun Nabawy untuk Mencegah dan Mengobati Berbagai Penyakit, hasil studi tersebut disimpulkan bahwa terjadi penurunan kadar gula darah secara bermakna pada 72,7 % dari penderita diabetes yang menerima ekstrak minyak Habbatussauda dengan dosis pemberian 2 x setengan sendok teh (2,5 ml) / hari dengan cara diminum selama sebulan.

Sumber: klubherbal.com
20 Komentar leave one →
  1. Juli 26, 2011 7:51 pm

    Mohon ijin baca-baca. Thanks.

    • nadjwa permalink
      November 20, 2011 2:21 pm

      Mohon info lbh lanjut merek dan dosis habbatussauda untuk terapi diabetes. Tks.

  2. nadjwa permalink
    November 20, 2011 2:20 pm

    Banyak sekali merek dagang habbatussauda saat ini di pasaran. Tetapi tidak ada yg mencantumkan brp kandungan arginin per kapsul dan bagaimana dosisnya untuk terapi diabetes. Tks.

  3. arie suyatno permalink
    Desember 7, 2011 5:33 pm

    takaran perhari berapa apabila minum kapsul minyak habbatusauda , tks

  4. Nadjwa permalink
    Desember 7, 2011 6:24 pm

    Terima kasih atas info nya. Apakah ada info lain mengenai pasien di Indonesia yg mencoba Habbats ini? Bagaimana penurunan gula darah mereka dan bagaima dietnya? Terima kasih.
    Wass,
    Nadjwa

  5. Desember 12, 2011 2:53 pm

    Alhamdulillah beberapa bulan terakhir saya selalu mengkonsumsi Habbatusauda pagi dan malam.

    • Nadjwa permalink
      Desember 12, 2011 5:11 pm

      Aw2. Apakah anda punya data brp kadar glukosa darah seblm rutin mengosumsi habbatussauda (puasa dan 2 jam pp), dan brp lama konsumsinya? Bgmn dosisnya? Bgmn pemurunan kdr glukosa (menjadi brp puasa dan 2 jam pp)? Bagaimana dietnya? Apakah tetap memakai antidiabetik oral atau insulin? Tks.

  6. Januari 10, 2012 11:18 am

    minta ijin share yach….

  7. Januari 10, 2012 12:50 pm

    makasih infonya …..

  8. Januari 27, 2012 1:58 pm

    habbatusauda obat segala macam penyakit kecuali kematian itulah yg disampaikan oleh nabi kita Muhammad sholollohualaihi wassalam

  9. susilo permalink
    Mei 16, 2012 11:54 am

    bu mot tanya..
    kalo Minyak Habbat bisa mengobati DIabetes g ya ??

  10. Juni 15, 2012 10:20 am

    Terima kasih banyak informasinya. Orangtua teman kost saya juga sudah mencobanya, dan ibunya turun 110 poin gulanya dalam 2 minggu menggunakan habbatussauda.

    • susilo permalink
      Juni 18, 2012 5:35 pm

      Dalam diabetes ada parameter penting yang tak bisa dibohongi dalam Tes Gula Darah yaitu HbA1C. Penderita Diabetes mempunyai indeks HbA1C lebih dari 7%. Penggunaan Minyak Habbat apakah juga bisa menurunkan keadaan tersebut bu ?

      • Nadjwa permalink
        Juni 28, 2012 11:00 pm

        Seharusnya iya, kalau habbatussauda itu mempunyai efek memperbaiki sel pancreas. Tapi saya tidak tau persis bagaimana kemasan (cair, capsul), dosis dan syarat memakannya. Mohon info dong. Tks, wass. Nadjwa

  11. Juli 1, 2012 12:58 pm

    kalo soal yang satu ini mah..very recomended buat agan-agan yang mau beli….pokoknya berkhasiat banget..

  12. wenti_davilla permalink
    September 17, 2012 12:50 pm

    Kadar HbA1C 7,5%, apakah habatussauda oil dpt mnurunkan kadar HbA1C tsb???tks…

  13. Mei 27, 2016 3:15 pm

    saya beli kapsul minyak habattussaudah, uk kapsul tertulis dikomposisi : Nigella sativa(oil) 100%, 0,5ml/kaps (habattussauda/jinten hitam) ; itu kalau saran artikel ini untuk penderita diabetes militus sehari minum 2 x setengah sendok teh (2,5ml) berarti saya minum sehari 5 kapsul, benar ? terus aturan minumnya bagaimana ? 2 pagi, 2 siang trus 1 kapsul dimalm hari ? mohon petunjukkan ya… ( dibotol tertulis sehari 1 kapsul atau atas saran herbalis)

  14. November 3, 2016 4:01 pm

    Ijin share ya . Sangat bermanfaat.

Trackbacks

  1. Habbatussauda bisa Sembuhkan Diabetes Mellitus | Gusti Herbal
  2. Habbatussauda bisa Sembuhkan Diabetes Mellitus | Abu Abdurrohman Manado

Tinggalkan komentar