Skip to content

Khasiat Daun Bambu untuk Atasi Asam Urat

Desember 10, 2009

So Hobby hanya termangu menyaksikan tingkah polah evelyn cucunya yang tengah bermain, sesekali bocal 5 tahun itu merengek minta digendong sang kakek. Namun, apa daya kedua pergelangan tangan Hobby bak tertusuk-tusuk jarum sehinggga tak kuasa menahan bobot tubuh si bocah. Itu gara-gara kadar asam urat mencapai 8,1 mg/dl. Angka itu melebihi ambang batas normal yakni 4,1-6,1 mg/dl. Menurut dr Suharti K Suherman SpFK, dari Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, asam urat merupakan hasil akhir metabolisme purin. Senyawa itu banyak terdapat dalam makanan seperti jeroan, emping, dan sarden.

Asam urat sebetulnya diperlukan tubuh untuk membentuk inti-inti sel. Namun, yang diperlukan tubuh hanya sedikit. Sisanya dikeluarkan melalui usus (30%) dan ginjal (70%). Tingginya kadar asam urat dalam darah disebabkan sintesis asam urat berlebih, sedangkan ekskresi di ginjal sedikit.

Asam urat berlebih itu berpadu dengan natrium membentuk kristal natrium urat pada jaringan lunak persendian. Terbentuklah endapan yang disebut topus. Akibatnya terjadi peradangan-biasa disebut arthritis gout-akut yang ditandai rasa nyeri di persendian seperti pada lutut, jari tangan, jari kaki, dan pergelangan tangan.
Gaya hidup

Kadar asam urat tinggi berawal dari kebiasaan buruk Hobby mengkonsumsi makanan berlemak. Masakan khas Padang yang sarat lemak tak pernah luput disantap. Belum lagi kebiasaan mengkonsumsi kudapan kacang tanah setiap kali menonton televisi. ‘Setengah kilo kacang tanah bisa habis dalam 3 hari,’ kata pengusaha percetakan itu. Kegemaran itu berlangsung sejak remaja. Meskipun kacang tanah berkadar purin rendah yaitu kurang dari 100 mg/100 g takaran saji, tapi bila dikonsumsi terus-menerus jumlahnya menumpuk di dalam darah.

Gaya hidup yang kurang sehat di perkotaan membuat prevalensi penyakit gout lebih tinggi ketimbang pedesaan. Menurut dr Setyo Purwono MKes SpPD, dokter spesialis penyakit dalam Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, prevalensi gout di pedesaan hanya 1,7%, sedangkan di perkotaan mencapai 4,8%. Agar terbebas dari gout, pasien biasanya dianjurkan mengkonsumsi obat pereda sakit, antipembengkakan, dan penurun kadar asam urat darah. Untuk mengurangi sakit dan bengkak, pasien diberi obat berbahan aktif kolkisin, indometasin, fenilbutason, dan kortikosteroid.

Pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat ditempuh dengan 2 cara: mencegah pembentukan atau mempercepat ekskresi asam urat. Obat pencegah terbentuknya asam urat biasanya golongan alopurinol. Sedangkan golongan probenesid, sulfonipirazon, azapropazon, dan benebronaron berperan mempercepat ekskresi asam urat.

Obat-obatan itu biasanya diberikan dalam jangka waktu lama. Hal itu tentu saja menjadi beban bagi pasien. ‘Obat penurun kadar asam urat biasanya cukup mahal,’ ujar Setyo. Karena itu Hobby lebih memilih mengkonsumsi tablet ekstrak daun bambu Phyllostachis glauca asal daerah Anji, Zhejiang, China. Sejak 2008, ia rutin mengkonsumsi suplemen buatan China yang ditawarkan koleganya 2 kali sehari masing-masing 4 tablet.

Diuretik

Sebulan mengkonsumsi, rasa sakit di persendian pergelangan tangan mulai reda. Hobby pun tak lagi merintih saat kedua tangannya menggendong sang cucu. Untuk memastikan kesembuhannya, pria kelahiran Bagan Siapi-api itu memeriksakan darah sebulan silam. Hasil pemeriksaan kadar asam urat turun menjadi 7 mg/dl. Jumlah itu memang masih melebihi ambang normal, tapi cenderung menurun. ‘Saya akan terus mengkonsumsi ekstrak daun bambu hingga kadar asam urat kembali normal,’ katanya.

Menurut Sinse Mochammad Yusuf, ahli pengobatan China di Sukabumi, Jawa Barat, daun bambu yang ada di Indonesia juga dapat digunakan untuk meredakan asam urat. ‘Sebaiknya gunakan daun muda,’ katanya. Daun bambu yang baru dipetik dijemur hingga kering agar getahnya hilang. Sebelum direbus, gesek-gesekkan antar daun bambu untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang gatal.

Kemudian rebus segenggam daun bambu atau setara 9-15 g dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum air rebusan daun bambu 2 kali sehari masing-masing 1 gelas. Yusuf menuturkan daun bambu berefek diuretik sehingga mempercepat ekskresi asam urat dari ginjal.

Kaya flavon

Menurut dr Handoyo, dokter umum di Jakarta, kadar asam turun lantaran daun bambu kaya flavon. Flavon salah satu kelas dari flavonoid. Selain sebagai salah satu sumber antioksidan, flavon juga berperan menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.

Cara kerja daun bambu menurunkan kadar asam urat mirip kemangi Ocimum basilicum var. anisatum. Tanaman yang kerap dijadikan lalapan itu biasanya dihindari penderita gout lantaran memicu naiknya kadar asam urat. Padahal, hasil riset secara in vivo yang dilakukan dr Setyo Purwono MKes SpPD, kemangi justru ampuh menurunkan kadar asam urat.

Penelitian dilakukan terhadap 50 tikus putih jantan dari galur yang sama secara acak. Tikus-tikus itu kemudian dibagi ke dalam 5 kelompok berdasarkan perlakuan. Kelompok I dijadikan kontrol dan hanya diberi 4 ml air. Kelompok II diberi perlakuan alopurinol berdosis 42,85 mg/kg bobot tubuh. Alopurinol golongan senyawa aktif yang berperan memcegah terbentuknya asam urat yang beredar di pasaran. Pada kelompok II-V tikus diberi sari air daun kemangi dengan dosis masing-masing 51,36 g/kg BB, 102,72 g/kg BB, dan 205,44 g/kg BB.

Sebelum diberi perlakuan tiap hewan coba diambil darahnya melalui ekor sebanyak 2 ml untuk mengetahui kadar asam urat awal. Setelah itu diberi perlakuan sehari sekali selama 7 hari. Pengamatan kadar asam urat darah dilakukan pada hari ke-1, 3, 5, dan 7 setelah perlakuan.
Menurun

Hasil penelitian menunjukkan pemberian sari air daun kemangi berdosis 51,36 g/kg BB dan 102,72 g/kg BB menurunkan kadar asam urat tikus mulai hari ke- 3-7. Sedangkan pada dosis 205,44 g/kg BB mampu menurunkan kadar asam urat sejak hari pertama perlakuan. Namun, kemampuan kemangi menurunkan kadar asam urat masih kalah kuat dengan alopurinol.

Menurut Setyo belum diketahui secara pasti senyawa yang berperan menurunkan asam urat. ‘Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kandungan senyawa aktif,’ kata alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada itu. Ia menduga cara kerja kemangi mirip alopurinol yakni menghambat oksidase xantin menjadi asam urat. Dengan begitu nyeri akibat radang sendi perlahan sirna.

>>ke halaman Depan

sumber: trubus-online.co.id
About these ads
22 Komentar leave one →
  1. Desember 10, 2009 1:55 pm

    kalau makan daun kemangi mungkin lebih masuk akal ya… tapi kalau makan daun bambu yang kasar kadang bikin luka itu , apa tidak berbahaya walau yang diminum airnya ?

    • admin permalink*
      Desember 11, 2009 4:19 pm

      daunnya bukan dimakan tapi direbus. ‘Sebaiknya gunakan daun bambu muda,’. Daun bambu yang baru dipetik dijemur hingga kering agar getahnya hilang. Sebelum direbus, gesek-gesekkan antar daun bambu untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang gatal. Jadi… InsyaAllah gak berbahaya

  2. Desember 11, 2009 11:03 am

    Nanti dikata embe lagi klo makan daun”an..
    hee..
    Tapi makasi bgt atas infonya sangat bermanfaat sekali.

  3. sujito permalink
    Desember 11, 2009 8:42 pm

    tank infonya, semoga bermanfaat!

  4. husaini permalink
    Desember 16, 2009 10:01 pm

    dimana belinya…?

  5. Desember 28, 2009 7:14 pm

    bambu jenis apa? coz saya punya tanaman bambu, tp yg batangnya ijo dan juga bambu mini alias kecil. bambu batang gede jg ada, tp warnanya ijo dan tinggi sekali. setau saya, bambu gak ada getahnya, tp klo serat di permuakaan daun sih ada….yg bikin gatal2 itu……

    blz ya….thankz

  6. Februari 22, 2010 9:17 am

    Saya bersyukur hidup di bumi Indonesia, berbagai macam penyakit disediakan obatnya oleh alam dengan mudah dan murah, ya selain itu memang kita wajib mengakui semua itu atas kehendak Allah

  7. ardhana permalink
    Februari 22, 2010 2:19 pm

    bisa kirimkan ke email saya macam-macam tanaman obat yang lengkap beserta gambar dan kegunaannya dan cara mengolahnya agar bisa dijadikan pegangan ut. pengobatan secara alami……terima kasih….saya tunggu di email saya….

  8. alman permalink
    Mei 28, 2010 2:47 am

    assallamualaikum..
    bpk admin, saya mau tanya..daun bambu yg digunakan apakah daun bambu yg biasa ditemui atau ada daun bambu yg khusus ?apakah bisa dibikin sendri ekstrak daun bambunya dan caranya gmn ?

    saya mau tau cara pengolahannya pak,brp jumlah daun yg direbus dsb..

    trima kasih..
    tolong di kirim kan ke email saya ya pak..

    indonesia ku kaya.

  9. Muhammad Irfan T permalink
    Mei 28, 2010 8:30 pm

    ” Jenis apa saja bambu yang bisa di pakai untuk membuat ramuan minuman”
    Mohon di kirim ke Email saya Trims.

  10. Bambang permalink
    Juni 1, 2010 6:46 pm

    Bisa kirimkan ke Email saya macam-macam tanaman obat yang lengkap gambar dan kegunaanya dan cara pengolahanya agar bisa saya tularkan bagi orang-orang yang membutuhkanya khususnya bagi saya sendiri.terima kasih ……….saya tunggu …….. Emailnya.

  11. September 5, 2010 4:32 pm

    Thanks info”ny moga brmanfaat jg berkah amien..
    Dtgg info” yg br bos.

  12. A'an kurniawan permalink
    September 24, 2010 11:20 am

    Jenis bambu pa yg dgunakan!krm ke email saya ya!trims

  13. Narendra permalink
    Februari 10, 2011 8:48 pm

    Terima kasih atas infonya coz bapakq skarang lagi kena asam urat

  14. boncel permalink
    Februari 19, 2011 8:24 pm

    ada bermacam2 jenis bambu, yg bisa di pakai obat bambu yg jenis apa, atau semua jenis bambu bisa, tlg di bales ke email sy, trims pak admin

  15. Oktober 9, 2011 1:28 pm

    apakah semua jenis daun bambu bisa dijadikan obat dan tlg emailkan cara mengolahnya tks

  16. arifuddin permalink
    November 21, 2011 1:13 pm

    JENIS DAUN BUMBU SEPERTI APA, MOHON DIJELASKAN AGAR SAYA CEPAT SEMBUH

  17. nurie permalink
    Februari 26, 2012 2:59 pm

    jenis bambunya dong yg bgmn?

  18. nurie permalink
    Februari 26, 2012 3:00 pm

    apa semua jenis bambu untuk asam urat?
    kirim ke email nya yah mksih

  19. Juni 15, 2012 1:15 pm

    jenis bambu apa yang daunya bisa buat obat asam urat ?

  20. Juni 15, 2012 1:23 pm

    jenis bambu apa ?
    trus brapa lama harus mengkonsumsi rebusan daun bambu tu ?

Trackbacks

  1. Khasiat Daun Bambu untuk Atasi Asam Urat | Abu Abdurrohman Manado

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: