Skip to content

Jeruk Nipis Pemutih Kulit Alami

Maret 12, 2009

Banyak manfaat yang bisa diambil dari jeruk nipis. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi putih dan halus. Manfaat ini tentu menjadi berita gembira bagi kaum hawa yang mendambakan kulit putih dan halus. Bagaimana memanfaatkannya, apa khasiat lain dari jeruk nipis? Di antara 1300 jenis jeruk, jeruk nipis atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Citrus Aurantium, memiliki manfaat yang paling banyak. Jeruk nipis merupakan bahan dasar ramuan obat kecantikan tradisional di Indonesia. Hampir semuanya mencantumkan nama jeruk nipis sebagai bahan dasar, baik buah maupun daunnya. Secara umum, buah jeruk kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, terdapat kalori 51 kal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Sedangkan daun, buah dan bunganya mengandung minyak terbang. Rasa jeruk nipis yang masam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok. Di Indonesia jeruk nipis sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung. Jeruk nipis juga efektif mencegah timbulnya batu ginjal. Jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi, sementara banyak penderita batu ginjal memiliki kadar sitrat yang rendah. Kandungan sitrat jeruk nipis lokal (citrus aurantifolia swingle yang bulat) sepuluh kali lebih besar dibanding kandungan sitrat pada jeruk keprok atau enam kali lipat dari jeruk manis. Kandungan sitratnya mencapai 55,6 gram per kilogramnya.

Memutihkan Kulit

Manusia memiliki warna kulit yang tidak sama satu sama lain. Selain faktor genetik, ada juga beberapa faktor lain, seperti iklim dan cuaca. Kulit wajah adalah bagian yang paling penting, khususnya bagi kaum wanita. Karena itu, kaum wanita melakukan beberapa upaya untuk membuat kulit wajah menjadi putih bersih dan menarik. Semula, baik kedokteran maupun di salon kecantikan, memutihkan kulit dilakukan dengan cara pengelupasan sel-sel mati oleh produk dengan bahan-bahan aktif, hanya dengan mengkonsumsi dan membalur tubuh (bagian-bagian tertentu pada tubuh) dengan jeruk nipis, kulit menjadi lebih putih. Selain kaya gizi, jeruk juga kaya akan zat seperti bioflanid, minyak atsiri limonen, asam sitrat, linalin asetat, dan fellandren yang dapat menyembuhkan penyakit batuk, menurunkan demam, meningkatkan gairah seksual, dan membuat suara merdu. Salah satu manfaat jeruk nipis di bidang kecantikan adalah kandungan vitamin C yang dapat membuat kulit menjadi putih, halus, dan kencang. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan. Vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekulnya, bagus untuk mencerahkan warna kulit.

Resep Wajah Putih dan Halus

Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan halus, ada dua cara yang dapat dilakukan. “Untuk memutihkan dan menghaluskan kulit serta memperkecil pori-pori, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan cara mengkonsumsinya. Karena dengan mengkonsumsi jeruk, kandungan vitamin C yang diserap oleh tubuh akan lebih maksimal. Kedua, menggunakan jeruk nipis dari luar dengan mengusapkan potongan jeruk nipis pada wajah dan kulit bagian tubuh yang dinginkan secara rutin setiap hari.

Khasiat Lain

Bagi Anda yang ingin terlihat ramping, khasiat jeruk nipis juga dapat dicoba. Setiap pagi, siang dan malam, cobalah minum perasan air jeruk nipis dengan campuran air dan sedikit gula. Dengan cara ini, kerampingan Anda akan terjaga. Selain itu, jeruk nipis dapat mencegah Anda dari berbagai macam penyakit seperti yang diuraikan di atas. Sementara untuk rambut, jeruk nipis juga dapat menghilangkan ketombe.

>> ke halaman Depan

Sumber: okezone.com

Artikel Terkait:

About these ads
232 Komentar leave one →
  1. Maret 13, 2009 2:52 pm

    Hai…

    sLm KeNaL…

    bLog nYa baguZ bgd…

    maMpir_maMpir doNkz ke bLog aQ…

    • Desember 21, 2009 12:39 pm

      infonya mnrik che…
      tapi kace y9 lbH dtail g dunkkk..!!!!!!!!!!!!!!

    • anonim permalink
      Januari 23, 2010 11:55 am

      km cp????????????????

    • shea permalink
      Mei 14, 2010 12:13 pm

      heyyyyyyyy !!! tlg dunk bgi resepnya, gmana cara membuat kulit lebih putih dan cerah… kulit ku item manizzz nie kata orang heeeeeee.

      • luluk permalink
        Februari 1, 2011 11:03 am

        msaK CIe…..?aqhu sDkit ka9aK perCaya Tuchhhh..??uhuk ..uhuk uhuk.ampE btuk??rsA-y ingin mI2K jeruk nipis yan9 ANGet2 95na 9tuuuu………????hahae hae hae

      • astrid permalink
        Februari 8, 2011 6:58 pm

        tiap hrix km mnum natur-e taw Vit.E dan C..
        T’yuz Km jg byakin prawatan kulit sperti
        bleaching,lulur,minyak zaitun 2x sminggu
        Uupzz jgn Lpa mnum Jus wortel”
        d jamin km pati dpat kulit yg cerah sperti qu skr ini

      • dinding permalink
        September 5, 2011 12:37 pm

        pakek kapur aja

      • September 15, 2011 12:47 am

        aew

      • September 18, 2011 12:22 pm

        makasih yea atas infonya kulit ku juga item niee …
        aku akn coba dechh nuii resep , . ,.
        thanks banget

      • gina el shirazy permalink
        Januari 7, 2012 11:01 am

        sayanqqnya aq jqqa qx tauuuuu . . .

    • Oktober 6, 2011 2:26 pm

      oiaaa.
      huhuuuuuuuuuuh panas bgt ne

      • gina el shirazy permalink
        Januari 7, 2012 11:11 am

        ASSALAMUALAIKUM,BOLEH GK KALO SAYA MAU TAU KAMU LEBIH JAUH ????????

      • adi wahyu anggara permalink
        Maret 13, 2012 2:40 pm

        kapok

    • Desember 12, 2012 8:06 pm

      wah akan ku coba ni kira -kira 1 juta tahun yang lalu aku selalu mencari obat yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus…………ha,ha,ha,ha, ha,,,,,,,,,,,, kira-kira aku sudah berumur 2 juta tahun………aku hidup sejaman dengan dinosaurus..BY: DEKI BOIMAU SISWA SMU N 1 BANAT/ KELAS IPA

  2. erna permalink
    April 9, 2009 8:58 am

    alu salam kenal dari aku

  3. April 13, 2009 11:55 am

    minta dong resepnya…
    biar gw jd kinclong…hehehe
    sXan klo ad yg punya infottg rambut jagung yachh.thx b4

  4. April 21, 2009 8:56 pm

    gimana kalo jeruk nipis di campur madu untuk masker wajah? apakah berbahaya?

  5. helley permalink
    April 22, 2009 3:40 am

    apakah ada yang mau coba buah/herbal pohon Tin :
    Dalam Surat Al-Quran , Injil dan Taurat :

    Buah Tin, kenapa Allah bersumpah demi buah tin dan Zaitun (Qur’an Surat At Tin ( سورة التين ) Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
    1. وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,
    2. وَطُورِ سِينِينَ dan demi bukit Sinai,

    Tentunya buah tin memiliki makna yang sangat tinggi. , Tin adalah buah-buahan yang mengandung zat sejenis alkalin yang mampu menghilangkan keasaman pada tubuh & cancer . Zat-zat aktif yang terdapat dalam buah tin adalah sejenis zat-zat pembersih yang bisa dipakai untuk mengobati luka luar dengan cara melumurinya.
    Unsur yang terkandung dalam buah Tin adalah karbohidrat, protein, dan minyak. Buah Tin juga mengandung yodium, kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang (fosfat), chlorin, serta asam malic dan nicotinic.

    • N1t4 permalink
      Mei 4, 2009 10:06 pm

      ya….tuk admin CintaHerbal artikel ttg zaitunnya dong!
      zaitun juga khasiatnya bagus buat kulit.
      Thanks.. good info & nice blog :)

    • Thicks permalink
      Januari 26, 2012 2:45 pm

      dapetbuah tin nya drmna ??

  6. penny permalink
    April 26, 2009 9:06 pm

    mo nanya ne,gimana se caranya membuat wajah tampak putih bersinar tanpa bahan kimia???cz skrang banyak BGT remaja ce yg wajahnya putih pucat………
    thank b4

  7. she xxx permalink
    Mei 4, 2009 5:20 pm

    lam knal…
    blog’x kerrend….

  8. fahrima permalink
    Mei 4, 2009 8:37 pm

    alow…salam kenal buat mbak yg baek ati ini ,
    blogx baguues banget….coz dah mau berbagi
    dgn semua… yg gi haus dengan kecantikan alami :-)
    btw ditulis salah satu cara buat putih dgn mengkonsumsi jeruk nipis,
    gimana buat yg punya penyakit maag… yah… ??
    selain di usep2 diwajah kan sambil dikonsumsi pastix khasiatx lebih cepet manjur… !!! :-)

  9. kaiiia permalink
    Mei 15, 2009 8:03 am

    perasaan masalh kulit tuwh tergamtung pigmenx…jd kyx gg mungkin dech cara alami bisa ampuh…

  10. Mei 15, 2009 2:16 pm

    thx yaw. .
    infona luengkaph banget

    tugas karya tulis qw jd cepet selesai deh..

    makin oke ya…

    • hernah permalink
      April 5, 2012 11:52 am

      helo icetea boleh kanalan nga nmamuku harnah

  11. sukron permalink
    Mei 16, 2009 5:25 pm

    klau makan jeruk nipis campur kecap manis gimana?

    • September 30, 2009 11:03 am

      enak lho bisa menurunkan darah?

    • anonim permalink
      Januari 23, 2010 11:57 am

      km cp???????????????

    • claudia permalink
      Oktober 22, 2011 9:02 pm

      ntu m jadi obat batuk..

      • rima sarma permalink
        November 28, 2011 7:54 pm

        Hy-hy!
        Guyz, Q bngunx nuech???
        Tmn Q kn Dah pkeK Jruk Nipz nt0h,
        vE Kt’a kUlit Dy jd gtl2..
        Pa Jruk nipiz bs Bwt alerGI jg gk y?
        ATw dA Efek sMPIng na?
        BNt Q d0nkz, cr Tw Jwb’a…

  12. varyn permalink
    Juni 15, 2009 5:40 pm

    apa ia cm dgn jeruk nipis gt bs memutihkan?pa g da tmbhn bahan lainnya..?

  13. mitha permalink
    Juni 20, 2009 10:00 pm

    oceeeee……

  14. ayu permalink
    Juli 1, 2009 11:04 am

    gimana cara pemakaian jeruk nipis biar kulit lebih putih

    • luluk permalink
      Februari 1, 2011 11:08 am

      ayu???CAra_ya tu..?usap2kan potnGan jRUk npis k_waJAh Secara Merata??

  15. lovely permalink
    Juli 26, 2009 11:41 am

    salam kenal…..
    goo blog &nice blog

    tapi apakah bisa putih cm dengan jeruk nipis saja?
    karena kulit saya itu cendrung berminyak jd konsumsi minyak nya berlebih shg lebih mdh timbulnya jerawat.

    mhn penjelasaannya….
    trm kasih

  16. Agustus 6, 2009 7:12 am

    Kasih teu dhung resepNya ginama cara menggunakanNya

  17. September 19, 2009 4:59 pm

    bagaimana resep memutihkan kulit,dengan jeruk nipis ini??? dan baik digunakan setiap hari g? saya sangat mendambakan kulit putih.thx ya! perbaharui terus blognya biar tambah menarik…ok

    • karto permalink
      Februari 19, 2010 4:31 pm

      km g usah kluar rmh slama 1bln pnuh… insyaAllah akan putih kulit sampean!

  18. Ria permalink
    September 27, 2009 5:41 pm

    Tulisannya bAguS…berBagi ilmu yG bermanfaAt buat org lain.tp Sbaiknya ditambahkan Pesan pd para PEmbaca,bahwa kulit putiH bukanlah tolak Ukur dari kecantikan.

  19. September 30, 2009 11:01 am

    bagaimana caranya memutihkan wajah yang benar?

  20. Oktober 12, 2009 10:59 am

    Artikel yang sangat bagus
    salam kenal aja deh…………………

  21. ahmadi permalink
    Oktober 13, 2009 10:03 pm

    thnk’s bgt infonya..
    pas bngt dgn sy yg senang minum jeruk nipis…
    tp sy suka minumnya dgn teh es + jeruk nipis…. Sueger… banget..!!
    soal hasiatnya gmn tu.. soale sy taunya cmn minum aja,manfaat dan hasiatnya sy ga tau..
    kalo bs tolong kejelasannya..?
    mksh sblmnya…..

  22. girls permalink
    Oktober 24, 2009 7:52 pm

    bleh mnta rsepx g? he…he…he…

  23. vina permalink
    Oktober 24, 2009 7:56 pm

    slamat siang, hahahahaha…….. mnta rsepx y!

    • vina permalink
      Oktober 24, 2009 8:00 pm

      okokkokkokkkokok

    • sulistianingsih permalink
      April 30, 2010 2:25 pm

      mgkin bisa jeruk nipis memutihkan kulit…..

  24. iwan permalink
    Oktober 26, 2009 10:45 am

    blognya bgust…………mnta resep donk yar tmbah mulus ………….

  25. husen permalink
    Oktober 26, 2009 12:48 pm

    salam….artikelx bgs bgt n bermanfaat buat yg lain..
    bsa minta resep diats….
    trim’s ya….

  26. sari antika permalink
    Oktober 28, 2009 1:09 pm

    masAK CEchhh jeRuk nipis biSA memUtihKAN KUlit ?

  27. murniwaty amd permalink
    November 11, 2009 9:01 pm

    mau info yg lebih banyak lagi

  28. aminah permalink
    November 16, 2009 2:50 pm

    lhooccccck koqq bisaa kan pediiccchh…dari mana loo nemuin tu resep… pa g’da efek samping

  29. yanti permalink
    Desember 9, 2009 9:37 pm

    bolleh juga tuuh d cobaaa,,,,, biar qu tambah cantq……???????
    heeee,,,,,,
    thanks’ bangeeeetttt…..

  30. yanti permalink
    Desember 9, 2009 9:41 pm

    bolleh juga tuuh d cobaaa,,,,, biar qu tambah cantq……???????
    heeee,,,,,,

  31. Fifi permalink
    Desember 15, 2009 2:50 pm

    Wow..artikel yg bgus skalgus Sangat brmanfaat utk kaum hawa dn penambahan wawasan..

  32. Umi permalink
    Desember 20, 2009 7:21 am

    ArTikeL na bGuz sangad… Bleh d c0ba,,_
    tp … Mw nanya ne…. Kata orang2 jeruk nipis tu dpt membuat kulit menjadi tipis kalau d pkay stiap hari… Bnar gax seh… ??

    Jawab yach…. Penting bangetz ne..

  33. dhede permalink
    Januari 3, 2010 1:25 pm

    yang bener nih,,,
    aku tuh sering banget kok konsumsi jeruk nipis
    malahan hampir tiap hari,,,
    gak bisa makan klo gak ada jeruk nipis,,,
    tapi kok gak ada perubahan gitu di kulit,,,,
    gimana dong????

    ada tips alami yg lain gak?
    thanks

    • anonim permalink
      Januari 23, 2010 12:00 pm

      dengan cara mengkomsusi jeruk nipis

  34. martin permalink
    Januari 5, 2010 10:28 am

    apa benar jeruk nipis bisa bikin kulit jadi tipis?
    supaya lebih imbang, selain dibahas ttg manfaatnya, bahas jg dong bahaya/ efek nya apabila konsumsinya berlebihan. trims…^^

  35. arix permalink
    Januari 10, 2010 1:36 am

    aq mau nanya nie…

    kasih tau cara untuk mutihin wajah skaligus ngecilin pori” donk…
    resepnya apa aja and caranya gmn???

    tu aja makasih ya…???

  36. vherina permalink
    Januari 29, 2010 12:01 am

    Pengen putih..? Kaya aku nih, pke lulur kocok seruni typ hari jgn lp pke handbody vaselin or nivea yg whitening, klw kluar rmh pke jaket, sbulan udh keliatan perubahannya, ditunjang dengan minum nature-E agar kulit berseri, untuk wjah usahakan jgn dimacem2in mending ksh vitamin wajah dari ovale essential..

  37. achmad adin permalink
    Februari 23, 2010 8:25 pm

    kalau buat cowok bisa gak putih berseri

  38. yanie permalink
    Maret 6, 2010 12:35 pm

    hii lm knl yaaaaaaaaaaaaaaaaaa? bdw pha bnr twh kassiat jeruk nipis

  39. doddy permalink
    Maret 6, 2010 5:58 pm

    kok gak komplit tentang jeruk nipis?
    khasiat lain ada gak ya?
    untuk penyakit ap ke ke geto…

    • rina permalink
      April 30, 2010 1:05 pm

      gak tau yeeeeeeeeeeeeeee

    • Februari 12, 2012 8:51 am

      klo mw klomplit di warung tuh komplittt, wkwkwkwkwk
      becanda mas doddy….

  40. diana permalink
    April 2, 2010 1:59 pm

    huhu…bener bisa putih????
    tar coba d rumah ah…
    ada cra yang laen ga??
    tkut perih unk..

  41. April 14, 2010 1:20 pm

    yang bener untuk memutihkan wajah itu jeruk nipis atau jeruk lemon sis?… aq bingung neeecchh..

  42. lita permalink
    April 22, 2010 3:39 pm

    oea se t4u gw…jeruk nipis klw d us4p d muk4 kt4 org bu4t kriput muk4,,,tpi gw hern ko mlh bu4t mulus yh………

  43. sukardi permalink
    April 23, 2010 11:37 pm

    bleh,,,jga tu,,,

    • sulistianingsih permalink
      April 30, 2010 2:28 pm

      emang jeruk nipis tu untuk memutihkan.
      buktinya uda ada ko……..
      coba aja jgan ragu2,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  44. rina permalink
    April 30, 2010 1:04 pm

    bagus bangueeeeeeeeeeeeeeeet t

  45. sulistianingsih permalink
    April 30, 2010 2:22 pm

    pa betul jeruk nipis menghilangkan jerawat & memutihkan kulit???????
    tapi akan saya coba mudah2n berhasil………..
    amin…..
    & mkasi saranya .

  46. shea permalink
    Mei 14, 2010 12:18 pm

    apa bner jeruk nipis bisa mutihiin…….. kirim dunk info yg bisa buat kulit putih bersih…..

  47. arini permalink
    Juni 11, 2010 4:27 pm

    apa kah Anda sndri dah pernah mnyoba?
    saya tertarik ingin mncobanya, tp ada gangguan sedikit klo minum yg kecut” terlalu banyak (contohnya tips yg mnggunakan jeruk nipis) bikin perut saya jd nyeri… penyelesaian masalah ini bgaimna?
    terimakasih…

  48. Agustus 31, 2010 9:58 pm

    saya sedang mencoba pak doain suksesssss zaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!

  49. annisa permalink
    Oktober 10, 2010 11:00 am

    emhh kalo buat kulit kering , pake jeruk nipis boleh gga yaa .. ?
    thanks :)

  50. keNtuZ permalink
    November 6, 2010 12:58 pm

    tRuz campuran Pa Z
    mSa cmN jruk niPiz
    quW mO buat mAskEr

  51. Dinar permalink
    November 22, 2010 5:22 pm

    salam . ths atas infonya Gan, sory neh ini aman ga yach ???

  52. gatot permalink
    November 26, 2010 12:48 am

    kayanya kalau kulitnya di cat putih merek avian ..tampak mengkilap..putih memplak….
    apalagi kalau di pilok..
    itu mungkin resep yang paling ampuh untuk melakukan pemutihan kulit…

    hihihiiiiiihihihihihi

  53. donna mecga f permalink
    November 26, 2010 9:11 am

    cara wat kulit putihny………bner” ptih gmna??

  54. imelda permalink
    Desember 5, 2010 9:53 pm

    wooow, kerenz

  55. imelda permalink
    Desember 5, 2010 9:54 pm

    woooow fantastic

  56. SANTY permalink
    Desember 13, 2010 10:47 am

    cara Penggunaan jruk nipisnya gmna????

  57. eren permalink
    Desember 19, 2010 12:02 pm

    mkaci3h,,mba tas saran’y jd pgn cpdd2..nyoba dech,,qra2,,brpa lama saya,,hrus,,mn9komsusi’y?/?

  58. rindu ifa permalink
    Desember 28, 2010 9:17 am

    terus berapa lamakah kasiat dari jeruk nipis ini mendapatkan hasil yang maksimal.????

  59. kiki permalink
    Januari 16, 2011 5:49 pm

    bagus banget…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    asane,
    hahahahahahahahahahahahahahaaahaha
    aku sayang nova<3

  60. Januari 21, 2011 10:41 am

    kandungan apa saja yang terdapat dalam jeruk nipis sehingga bisa di jadikan pemutih kulit ?

  61. Siti Zubaidah Nasution permalink
    Januari 28, 2011 8:51 am

    kl jruk npis dilulurkn ke tbuh, bs g bt klit tbuh jd ptih? tq

  62. Februari 13, 2011 8:57 pm

    wahhh jadi begitu yaa cara agar bisa putih

  63. heni axel permalink
    Februari 21, 2011 8:37 pm

    q sudah mencobanya hasilnya memuaskan awalnya sih perih tapi jd semakin PD tapi apa benar bisa kulit wajah jadi tipis????

  64. Maret 9, 2011 5:39 pm

    Terima kasih banyak atas info ini. Jeruk nipis selain enak dijadikan minuman ternyata berkhasiat juga.

  65. Maret 10, 2011 3:02 am

    kontol

  66. RIZU permalink
    Maret 14, 2011 3:02 pm

    HOIIII…….
    gmn cara pake jeruk nipiss nya ke muka ???
    apa gag perih tuhh>>>>
    kan asemmm di lumurin ke muka ,,,,
    gag bhaya tuh,,, muka jdi perih gtu >_<

    thq b4

  67. She permalink
    Maret 17, 2011 2:26 pm

    Aslmkm,,,Mau coba akh tapi kira” di pakenya kapan aja ya??? Trs bwt dptin hasil yg maksimal kira” berapa lama ya?

  68. ronald kpx permalink
    Maret 31, 2011 7:56 pm

    ksi tau donk cara-cara penggunaannya,,,cpy gmpng di olah,,,and selain jeruk ada buah apa lagi,,,,,please,,,,help me,,,,…kulitku itam neh,,mau di putihin…..

  69. April 1, 2011 9:41 am

    anak Q msh baby pas lahir kulit e putih tp cekarang jd item ya pa krena tak panas ke gtu ya?gmana cara ngembaliin biar putih lg ya? answer me ya?

  70. DESY NATALYA permalink
    April 14, 2011 6:42 pm

    MUNGKINKAH CARA TERSEBUT BISA MENGHILANGKAN PLEK HITAM

  71. April 17, 2011 10:40 am

    aku suka dengan artikel diatas dan saya pernah mencoba 1sampai 2 kali memang pertama wajah akan perih tapi lama kelamaan jadinya terbiasa

  72. d'reattroe permalink
    April 23, 2011 9:33 am

    aku pengen putih………..

  73. leni permalink
    April 24, 2011 11:46 am

    gak papa tha pke jrk nipis tiap hari

  74. erlin permalink
    Mei 2, 2011 3:06 pm

    q sma ma ular

  75. Mei 10, 2011 7:41 pm

    mkcih ya ats infrmsinya ya slam knal z nma q nita dea gulo

  76. mega permalink
    Mei 16, 2011 12:26 pm

    y udh q mau cba dh??

  77. Mei 18, 2011 10:13 pm

    saya ingin tahu cara pemakain nya jeruk nipis, agar wajah saya terlihat putih bersih…
    .wajah saya jg beminyak,,saya jg ingin mngurangi mnyak tersbut…

    mksih

  78. Tampubolon permalink
    Juni 18, 2011 1:29 pm

    thanks ea info tentang jeruk nipis ini, , aq sudah coba 2 minggu terakhir , ,hasilnya minyak dwajahku berkurang, , bekas jerawat jadi samar-samar , , , mukaku sedikit lebih putih , , thanks ea, , ,

  79. vitriani permalink
    Juni 18, 2011 1:31 pm

    pertama nyoba perih bangett, , , tp hasilnya wOOw memuaSkaN, , , maKasih ea infonya, , ,

  80. IVAN permalink
    Juni 20, 2011 11:23 pm

    PAKE TAI MANUSIA AJA TAI DI USAP KE MUKA ATAU PAKE ANJINK SIAL KAU

  81. Juni 21, 2011 5:42 pm

    LAM KNAL OKE” DEH BOLEH DICOBA , MOGA BERMANFAAT SALUT UNTUK BLOG KAMU

  82. Nia permalink
    Juni 24, 2011 11:25 am

    Bisa dicoba nie… tapi kalau untuk yang pengen ramping, minum perasan jeruk nipisnya waktu pagi hari diawali dengan sarapan atau tidak nie???

  83. syva aini permalink
    Juli 5, 2011 10:39 am

    info yg sngat menguntungkan buat para kaum hawa seperti diri q ini…
    Hehehehe
    Thekz ea infonya…

  84. si ganteng ridho permalink
    Juli 7, 2011 12:32 am

    ni w kasìh tau biar jd puti dan w dah coba cara ini ampuh bngt,yaitu dngn cara jngn maen panas2an keluar rumah pke jaket trus pake jeruk nipis w lom coba w mau coba dan w dah coba cara ini ampuh bngt,yaitu dngn cara jngn maen panas2an keluar rumah pke jaket trus pake jeruk nipis w lom coba w mau coba

  85. Juli 11, 2011 9:33 am

    Saya baru mau pake aja udah halus nich rasanya kulitnya …. thks ya sharingnya

  86. desi permalink
    Juli 12, 2011 2:39 pm

    kan jeruk nipisnya diusapkan ke tangan habs itu di bilaskahh aku juga mau tanya aku sudah coba kemarin pas diusapkan ke muka langsung perih ngga apa-apa kah itu

  87. Juli 17, 2011 5:01 pm

    smua psti kan nampak hasilnya lw rutin memakainya

  88. herypaul permalink
    Juli 17, 2011 6:17 pm

    Saya udah coba,hasil nya lumayan lah aga putihan

  89. Juli 19, 2011 8:44 am

    Bro….kalau khasiat jeruk nipis buat suara agar merdu benar gak sich….?
    ada campuran lain gak…? Makasich…

  90. Juli 23, 2011 2:51 pm

    giTuhhhh yyyeee carenye agar klit kite putih D4an muLus…..
    1111 lozzz sssuKm222 R@@9,..

  91. Juli 26, 2011 10:36 am

    Kalau kagak bener gimanee ,,,,,,,,,?

  92. Juli 28, 2011 11:20 am

    bisa g’ bwt aQ yg brU brumUr 14 tHn…n kLu tdk ada braPa Lma di olesakn d wjah….GPL..!!!

  93. Juli 28, 2011 11:26 am

    bisa g’ bwt aQ yg brU brumUr 14 tHn…n apa eFek sMpinG dRi jeRuk nPis..thnk you…

  94. Agustus 5, 2011 5:30 pm

    akw coba ahkkk

  95. Agustus 23, 2011 10:57 am

    is masak bisa dang aku cobak dulu aja lah :)

  96. Velia Chyank ade permalink
    Agustus 24, 2011 9:53 pm

    o ia klau gw kn masih remaja nee klau ngusapin potongan jeruk nipis ke muka gw , gk bikin kulit wajah gw rusak kn….????? plisss coment nya :D

  97. Agustus 26, 2011 2:16 am

    pngen nyoba….moga brhsl???

  98. Agustus 26, 2011 12:44 pm

    aku pengeN buannget kulitku tanpak lbih putih dan haluz,,,,,,,, tipzx yg jelazz donkk

  99. hardi jumaidi permalink
    September 3, 2011 1:52 pm

    pake abu gosok………

  100. September 7, 2011 3:08 pm

    Terima kasih tipsnya,gan..jeruk nipisnya cuma tinggal di iris langsung di tempelkan ya?

  101. September 11, 2011 10:43 am

    sudah saya coba ternyata hasilnya bagus . . …….
    juga bnyak khasiatnya bagi kesehatan ya …

  102. September 16, 2011 3:21 pm

    terima kasih tipsnya, saya mau coba deh

  103. September 26, 2011 7:49 pm

    waduh,komentarnya sudah banyak nich, aku cuma nabahin dikit, kalau kita menggunakan bahan alami resiko iritasi dan pembekakan kulit bisa dikurangi,sebab ada yg saking percayanya dengan iklan di tv, malah kulit jadi memerah seperti udang rebus.

    • chacha_deh permalink
      Oktober 1, 2011 4:10 pm

      wow seperti udang rebus mantap tuh

  104. chacha_deh permalink
    Oktober 1, 2011 4:09 pm

    mmmm pengen coba buat kulit tapi pasti perih banget huhuhuhuhu tapi gak papa deh yang penting kulit qu putih dan kencang walaupun perih

  105. Oktober 11, 2011 2:10 pm

    wehh bener yahh

  106. Oktober 15, 2011 4:09 pm

    Wow,,bner g nuih,,?
    Cobain ach… :)

  107. sweety permalink
    Oktober 24, 2011 3:29 pm

    salam knal ea……………….walau jeruk nipis kecil….tpi manfaatnya banyak ………….that’s fanastik

  108. Oktober 26, 2011 1:43 pm

    Hi. . .
    Ijin credit dkit iah buat blog aku
    dhewiesnotes.blogspot.com
    thx b4

  109. vanessa permalink
    Oktober 30, 2011 7:55 am

    jeruk nipis bener2 ampuh, kulit memang akan cerah :)
    saya sudah mencobanya dirumah

  110. Oktober 31, 2011 12:16 am

    acu juga mau
    dong resepnya

  111. November 2, 2011 4:37 am

    aduhhhh gue ga bsa komentar soalx gue ga tau ap2 dblas ya?????

  112. Indria jaya permalink
    November 8, 2011 11:35 am

    Bagus bnget dech resepnyo smp 1 belitang 76

  113. yanti permalink
    November 9, 2011 10:51 pm

    kebetulan pohon jerukku buahnya lg banjir jd mau coba…thanks ya.

  114. November 12, 2011 6:49 pm

    Ah jd penazaran, koh tek pledoz na wit jeruk nangngarpan, muga2 putih, muluz, nggandeng, he,he

  115. irfan permalink
    November 14, 2011 7:19 pm

    cara yg lain gmna ea. Please donk kasi tips nya.

  116. Cindy permalink
    November 19, 2011 2:50 pm

    Saya ingin kulit putih bersih,kata’a bisa menggunakan jeruk nipis,tapi saya tidak bisa cara menggunakan’a

  117. November 22, 2011 10:33 am

    mmmh jerukk nipiss memang markotopp

  118. November 23, 2011 3:41 pm

    Bos, klo digosak di kulit, bagian luarnya/dalemnya? diperas gk?

  119. rima sarma permalink
    November 28, 2011 7:43 pm

    Thanks tuk inf0rm na!

  120. Desember 4, 2011 1:36 pm

    makasih infonya, kebetulan banget, aku pengen putih. hehe…..

  121. ana permalink
    Desember 8, 2011 9:49 pm

    kira2 apa g bkin kulit iritasi ya?? wlpun pngen coba jg sihh..

  122. Desember 12, 2011 10:34 am

    gooooooooooooooooooooddddddddddddddddddddddddddd

  123. Desember 14, 2011 6:39 pm

    aku pengen coba ahh… doain yaa… good luck teman
    semoga berhasil. :)

  124. Hendra permalink
    Desember 25, 2011 11:29 am

    Buat pengelola blog …
    Mohon infromasi :
    1. Bagaimana menggunakan jeruk nipis agar dapat bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami
    2. Apa efek samping yang ditimbulkan.
    Terimakasih.

  125. Desember 26, 2011 2:39 pm

    ADA CARA ALAMI GAK YAH DARI BAHAN HERAL UNTUK MEMESARKAN MR.P

  126. Desember 30, 2011 7:10 am

    hebat banget brrti khasiat jeruk nipis di balik rasanya yang aseeem >.<

  127. anjani permalink
    Januari 3, 2012 11:51 am

    sya ud nyoba, lmayan kox..
    kulit sya agak putih

  128. david permalink
    Januari 4, 2012 7:03 pm

    ada yang lain ngak lebih maksimal

  129. Januari 8, 2012 10:00 am

    thanks Yeaa sAaran nya
    sEmoga ne berManfaat bgi aq

  130. inddy permalink
    Januari 11, 2012 5:22 am

    Haaii…
    Infonya menarik lhaaa

    Tpii indi month nyak niee,,,denger2x klo stiap hari memakai jeruk nifis pada wajah dapat menyebabkan kulit kering dan terkelupas,,
    Apakah itu benar???

  131. fara amelia permalink
    Januari 17, 2012 2:06 pm

    putih telor dicampur dgn jeruk nipis kasiat’a joss gandoss…!!! slahkan mncoba :)

  132. rey chaeriea permalink
    Januari 18, 2012 9:40 pm

    Ass… Aq udh liat artikel ini bberapa kli, trus aq coba, tp kenapa kulit aq msh ttp item yah, pdhal aq pake’y setiap hari… Tq yah sebelum’y

  133. jelita ramadhani permalink
    Januari 20, 2012 2:54 pm

    tapi sih klo kta orang,klo pkai jruk nipis ttuh mmbuat wjah jdie kriput ea…?
    bner gugh sih ttuh..?

  134. jelita ramadhani permalink
    Januari 20, 2012 2:59 pm

    truz klo ea,ksih rsep yg lbih ampuh lgie ea…
    thanzk

  135. Januari 22, 2012 9:19 am

    kalo gitu apa nga asam siiih hiiii

    :\

  136. dhdeek permalink
    Januari 24, 2012 2:47 pm

    cara pemakaian na mna ni..?

  137. Januari 27, 2012 9:29 pm

    artikelnya sngat mnarik, smga dngan mnggunakan bhan yg alami yait jruk nipis akan memberikan manfaat bagi org org yg merasakan kasiat dari buah jeruk nipis.. biji yg ada di dalam jeruk nipis pun punya kasiat yg sngat banyak

  138. Januari 27, 2012 9:30 pm

    semua bagian dari jeruk nipis psti terkandung kasiat yg begitu brmanfaat sprti kulit.buah.dan biji jeruk nipis

  139. Februari 3, 2012 10:57 am

    Hayyyy ,,,,
    yg btul nech,,, pke jruk nps bsa ksh kcil bdan,,,,

  140. Februari 11, 2012 11:48 am

    mang betul itu bikin kulit putih cos aku pernah mencobanya

  141. Februari 12, 2012 8:13 am

    mantap postinganya bagus oke2, kunjungi situs q jg ya
    ni disini>> ojolaliyombakne.wordpress.com

  142. Februari 12, 2012 8:29 am

    ane ucapin terimakasih, berkat ane baca postingan agan yg dulunya kulit saya item ngk pake manis, skrg kulit ane jd berseri-seri cewek2 pada naksir xixixi maunya’ ya emang kenyataanya gitu, oya gan, tolong kunjungi situs ane juga ya di,- http://omkenol.blogspot.com
    smoga agan sukses slalu
    by om’kenol.

  143. nike wijaya permalink
    Februari 18, 2012 3:28 pm

    bnyk wanita yg ingin agr kulit mereka tampak indah,biar mrka nmpk menarik d dpn pasangan mrka.

  144. Februari 24, 2012 3:07 pm

    MengGunakan jeruk nipis nya di mlam hari kah ya,truz di bilas lagi kah’

  145. Maret 1, 2012 4:29 pm

    Perlu dicoba, thanks infonya ~_~

  146. petrus permalink
    Maret 16, 2012 2:00 pm

    Bagaimana Cara Mengolah Jeruk Nipis Untuk Menjadi Obat Pencerah Wajah Karna Disini Tidak Di beritahu Caranya

  147. Maret 23, 2012 2:51 pm

    Ikutan share ya…
    Saya membuat sabun mandi dengan bahan: VCO, Palm Oil, NaOH, papaya, Olive Oil (minyak zaitun), Milk, Fragrance. Saya Jual Rp.3000/batang. Laris manis lhooo.
    bahan-bahan ini sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit, karena membantu dalam melawan radikal bebas dalam tubuh yang mencegah terjadinya penuaan dini, keriput dan masalah kulit lainnya.
    VCO, pepaya, susu dan minyak zaitun tidak hanya membuat kulit tampak cerah dan sehat karena mengelupaskan sel kulit mati, tapi juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, membuat kulit halus, mulus, dan kenyal. Tidak membuat kulit kering (Kalo jeruk nipis terlalu sering dapat menyebabkan kulit kering khan?)

    berminat? kontak saya di 08777 2888 300
    Terimakasih untuk yang punya blog… Mampir juga ke blog saya ya… http://www.easy-multycourse.blogspot.com

    :)

  148. Maret 23, 2012 2:55 pm

    Saya juga membuat VCO dengan proses dingin dan dengan mixer kecepatan tinggi. Hanya dalam 5 jam minyak dan blondo sudah terpisah. Tanpa minyak pemancing. Tanpa fermentasi, tanpa didiamkan 24 jam. Blondonya bisa dibuat minyak goreng dengan proses pemanasan. Blondo ampsnya juga uenak tenan. (banyak proteinnya pula)
    Alhamdulillah hasilnya bening dan bagus. Sangat baik untuk membuat wajah dan rambut lebih bersinar. Wajah tampak jauh lebih muda.
    Saya menjual Rp.50.000/liter
    Insya Allah asam lauratnya lebih dari 25%. Lebih dari standar internasional khan?
    Buat yang berminat kontak aja. my number: 08777 2888 300

  149. Imran permalink
    Maret 23, 2012 5:47 pm

    Bukanx i2 jruk nipis hanx untuk membuat wajah menjadi mengkerut.?

  150. Maret 26, 2012 8:09 pm

    semoga banyak manfaat

  151. Maret 27, 2012 2:18 pm

    makasih infonya gan….sangat bermanfaat….

  152. Umroh permalink
    Maret 27, 2012 4:33 pm

    Trimakasih.
    Sangat bermanfaat

  153. Bella permalink
    Maret 29, 2012 1:09 pm

    terima kasih
    akan saya cobaa :-) :*

  154. Aniesa Jrs permalink
    April 2, 2012 6:36 am

    SAYA SDH MNCOBANYA, DAN ALHAMDULILLAH WAJAH SAYA MJD LEBIH CERAH N JERAWAT2 SAYA PUN KABUR … CKUP DGN MENGOLESKAN JERUK NIPIS KE WAJAH TIAP PAGI N MLM SECARA RUTIN ^_^

  155. Mei 7, 2012 8:34 am

    nice posting… tapi gmana yg punya magh ya….? masih aman gak?

  156. ade prasetyo permalink
    Mei 10, 2012 10:49 am

    makasih infonya gan……………………up date trus.gue tunggu kbr yang laen…………………

  157. Mei 14, 2012 10:23 pm

    bagaimana cara penggunaannya

  158. GUNARTI JENNY permalink
    Mei 15, 2012 2:15 pm

    kalo yg mengencangkan kulit apaan..,

  159. Mei 30, 2012 10:08 am

    tidak bagus buat gadis / ibu yang belum punya anak batasi minum jeruk nipis

  160. Juli 16, 2012 12:05 pm

    tapi kalo menggunakan jeruk nipis di wajah pedih apa karena ada yang luka ya ato memang proses memang demikian ya

  161. K-pop attack permalink
    Juli 18, 2012 8:32 pm

    Itu bikin puth kulit wjah z ya? Aq mwnya memuthkan kulit
    badn

  162. Atika permalink
    Juli 18, 2012 8:41 pm

    Bla…bla…bla

  163. rahma permalink
    Juli 25, 2012 11:09 am

    qcoba olesin jeruk nipis k kulit q beberapa hari ni,,,,,tpi ko malah item ya,,,kya gosong gitu,,,,,,,,,,,,knapa ea???

  164. Juli 29, 2012 11:12 am

    Pingin,putih,pakai,aja,cet,putih,say,kenapa,harus,bingung,

  165. Juli 29, 2012 11:16 am

    Rahma,aku,pingin,kenal,sama,kamu,
    kamu,orang,mana,ya,

  166. September 19, 2012 2:25 pm

    hei,, salam kenal,,, saya juga punya 1 obat herbal nehh,,, silahkan di cek ke http://infoumummu2t.blogspot.com/2012/05/obat-luka.html

  167. September 24, 2012 3:42 pm

    msh ada yg lebih herbal lg gak bwt mutihin badan ??

  168. akmal qadar yusran permalink
    Oktober 16, 2012 7:30 pm

    bgus info.na.. tpi klo bleh menyarankan cara penggunaan.na jga dipost.kan

  169. November 29, 2012 3:47 pm

    aku cb ah

  170. Desember 12, 2012 11:54 am

    makasih ychhhh ataz infox ,,,,,, aku akan coba,,,,,,,,,,

  171. Januari 13, 2013 4:41 pm

    Ôoöww..,,,,
    TèrNxta jèrUk nÎpIs BanyÄk jÛgA Manfa’ÀtNx…
    BarÛ taÚ Aq…. PadÀhal Ði hlamÀn rÛmaH aq BänXak bÛaHnx. Tp ngĞk aq mÀnfA’atÎn…
    PalÎnG buAd sÖtô ajÄ..
    Hehe.
    SalÄm kNl jÄ.:D:D:D

  172. Februari 14, 2013 4:37 am

    ya bnr emng dri dlu saya jg memang memakai jeruk nipis untuk bahan pemutih kulit saya,,,,
    dan itu smua terbukti,skrg kulit saya semakin cerah dan tampak lbh putih,,,,

  173. Februari 14, 2013 9:58 am

    Exactly what truly motivated u to compose “Jeruk
    Nipis Pemutih Kulit Alami CintaHerbal >Blog 4 Pecinta Herbal”?
    Icertainly adored the blog post! Thanks for your effort ,Margery

  174. Februari 22, 2013 10:07 am

    persembahan alam untuk kita2… makasih yah, artikelnya bagus2

  175. Februari 22, 2013 1:20 pm

    begitu baca, langsung aku praktekan paginya

  176. Mei 8, 2013 9:23 am

    I am now not positive where you are getting your information, but great topic.
    I must spend a while finding out much more or figuring out more.
    Thank you for fantastic information I was in search of this information for my
    mission.

  177. Agustus 7, 2013 8:53 am

    I always used to study post in news papers but now as I am a
    user of web therefore from now I am using net for content, thanks to web.

  178. April 20, 2014 12:17 am

    tampilkan yang lebih .
    Biar aku tambah hebring.

Trackbacks

  1. Rahasia Kulit Putih & Halus tanpa Zat Kimia! | XXXTra Channel
  2. Pemutih Kulit : COBADULU NEWS
  3. Jeruk Nipis Pemutih Kulit Alami | Abu Abdurrohman Manado
  4. pemutih alami buat kulit » Grosir Jakarta Bandung Surabaya Asli Original
  5. masker alami pemutih wajah jeruk nipis » Grosir Jakarta Bandung Surabaya Asli Original
  6. bahan alami untuk pemutih badan » Grosir Jakarta Bandung Surabaya Asli Original

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 49 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: